Gaya Resepsi Pernikahan di SOLO

Pernah denger kata-kata "lain ladang, lain ilalang" beda daerah beda adat istiadatnya.

Ternyata sebuah Resepsi Pernikahan itu berbeda-beda yach. Kalau di Jakarta kita terbiasa dengan sebuah resepsi dimana tamu-tamu datang, kasih selamat ke penganten trus makan yang d set secara prasmanan.

Tapi.....

Ini kejadian pas long weekend kemaren (22 Maret 2008), saya dengan mama menghadiri resepsi pernikahan anak teman nya di Solo- Jawa Tengah. Acaranya memang di rumah, saya pikir akan berlangsung resepsi seperti di Jakarta. Ternyata beda dan uniq serta membingungkan buat kita yang pertama kali mengalaminya.

Jadi, resepsi di Solo itu tamu-tamu yang datang di persilakan duduk di kursi yang telah di sediakan. Kemudian para petugas katering mengantarkan segelas tes manis kepada semua tamu.

Setelah itu, tamu-tamu di suguhkan sepiring kue-kue basah dan kembali diantarkan oleh si petugas katering tadi.Kemudian para tamu kembali di antarkan makanan yaitu semangkuk sup bening.

Selesai menikmati sup, petugas katering sudah siap mengantarkan sepiring makanan utama berupa nasi dan lauk pauknya. Abis itu terakhir para tamu di berikan sepiring puding dan ada ice creamnya...Dengan demikian selesailah proses makan para tamu.

Selama proses makan tadi, di pelaminan pun berlangsung beberapa ritual untuk sang pengantin juga sesi pemotretan keluarga dan para tamu yang ada di daftar foto.

Sekitar 2 jam sejak proses pembagian teh tadi, kedua pengantin tersebut jalan ke dekat pintu keluar. Itu menandakan acara resepsi tersebut selesai dan para tamu di izinkan plng, jadi abis makan, salaman sama penganten di deket pintu pulang (bkn di pelaminan yach) trus plng ke rumah masing-masing.

uniq kan???

Menurut seorang teman, dulu ada salah satu warga yang menggunakan sistem makan prasmana dalam sebuah resepsi tapi akibatnya malah di tinggal pulang para tamu. Karena para tamu merasa tidak di layani dan mesti mengantri untuk makan..wow...ternyata gawat juga yach...

Dan yang menandakan kapan teh, kue,sup, nasi dan puding itu di berikan pada tamu, yaitu musik yang diputar...oh,,jadi ngga asal di keluarin..
lucu yach....

yach,,namanya Indonesia..banyak bgt keuniqannya.,...
itu baru di solo,,sama2 di pulau jawa...
trus gmana yach klu di daerah lain?
ada yang lebih uniq ga yach resepsinya...

Comments

purwa said…
kayaknya teramat melelahkan yack? ;)

Popular Posts