Yang tersembunyi dibalik film My Name Is Khan


Kalimat diatas adalah kalimat yang sering kita dengar saat menonton film ini. Ya, film dengan judul My Name is Khan ini mencuri perhatianku dan masyarakat Jakarta. Kenapa Jakarta? ya, karena hasil searching di web nya 21, film ini hanya diputar di Plaza Senayan dan EX. Ini terbukti dengan selalu penuhnya studio disetiap penayangan.

Ok, kembali ke film ini, film produksi fox ini berdurasi kuranglebih 2,5 jam. Awalnya aku lihat cuplikan film ini dan langsung tertarik. Bukannya penganut film India ya..tapi aku ngerasa Film India ini beda dengan film-film India lainnya. Apalagi didalam cuplikannya dikatakan film ini menceritakan tentang pembuktian bahwa Islam bukanlah agama teroris.

Wow, itu awal ketertarikkan aku sampai akhirnya muncul pertanyaan besar Mengapa bukan orang Indonesia yang notabene penduduknya di dominasi kaum muslim yang kepikiran untuk membuat sebuah film, film pembuktian akan agama Islam?

Akhirnya hari ini, senen 22 Februari 2010 akhirnya aku menonton film ini. Aku pikir hari senen untuk jam tayang 15.45 akan sepi ternyata salah besar...aku dapat di barisan no 2 dari depan. Pasti film ini luar biasa batinku.

Walaupun agak telat masuk, tapi nangkep lah alur ceritanya.. Ok, pastinya saya disini tidak akan menceritakan aur cerita film itu karena hal itu bisa teman-teman temukan di web lain atau kalau aku cerita secara detail nanti yang blm nonton emosi..hhehehheh...Yang pengen aku tulis adalah sedikit analisa kecil dari film ini...

Secara umum film ini Bagus, tetap identitas film India nya tidak hilang.Musik, nyanyian dan tarian tetap ada di film ini. Namun ada nilai-nilai lain yang aku dapatkan di film ini , yaitu :

1. Nilai Kesetiaan
Film ini jelas memperlihatkan sisi-sisi kesetiap sosok khan pada akidah nya yaitu sebagai seorang muslim, dimana pun dia berada , apapun kondisinya dia tetap bertahan pada akidahnya dan menjalankan kewajibannya. Lalu kesetiaan seorang pria dengan segala keterbatasannya menunjukkan kesetiaannya kepada pasangannya...*ini yang keren*....

2. Nilai memegang teguh " janji seorang Pria"
Di film ini menunjukkan khan, seorang pria yang selalu memegang teguh kata-katanya. Kita sering banget denger kan kalau "laki-laki itu omongannya yang dipegang", nah di film ini kita akan melihat sesosok pria yang tidak sempurna namun dia tetap berjuang untuk dapat mewujudkan apa yang pernah ia ucapkan.

3.Nilai Pembuktian
Film ini bener-bener film pembuktian akan opini yang mungkin masih berkembang dipikiran para keluarga korban, bahwa yang harus bertanggung jawab atas peristiwa 9 september itu adalah orang Islam, sehingga Islam pun di beri label agama teroris. Di Film ini, semua dibuka bahwa itu salah. Aku sich berharap ada teroris atau ada orang yang salah pemahamannya akan islam nonton film ini, biar mata hati mereka terbuka bahwa atas perbuatan sekelompok orang berakibat pada kehidupan banyak orang di Seluruh Dunia.

4. Nilai Kebersamaan
Adegan Khan ikut benyanyi di dalam gereja, atau tetep sholat saat istrinya menjalankan ritual keagamaannya. Memperlihatkan bahwa sebenarnya antar umat beragama dapat hidup rukun dan berdampingan *dah kayak pelajaran PPKn nich* . Apapun agama kita, kita harus saling mengahargai dan saling menolong. Kalau mengutip kata-katanya ibu khan " orang di dunia itu sama semua, yang beda hanya baik dan buruk nya". Bayangkan kalau semua orang di dunia ini sadar akan hal itu dan ngga mudah diprovokasi, wow, cita-cita michael jackson "make a better place" akan terwujud.

Ya, kurang lebih 4 nilai itu yang saya rasakan setelah menonton film ini, namun berhubung abis ujian Kompol nich.Kok saya sedikit agak terjawab ya kenapa negara asing dan melibatkan negara Amerika dalam film ini, kenapa mereka kepikiran bikin film ini. Berikut sekilas analisa saya akan film ini dari sisi politik sebagai komunikasi politik internasional *tapi serius analisa ini ngga akan mengurangi nilai-nilai diatas, karena ini bener-bener tersirat kalau ngga dianalisa juga ngga akan terasa*

Berdasarkan bahan-bahan kuliah nich dan omongan si prof di kelas. Diakhir-akhir film ini saya seperti ketemu jawaban atas sejumlah pertanyaan saya tadi. Ya, saya mengambil kesimpulan bahwa film ini adalah salah satu propaganda Amerika dalam meningkatkan citra Presiden Obama. Kenapa saya bisa mengatakan itu? jelas..itu jelas terlihat sedikit menceritakan alur cerita film ini...saat presiden AS masih bush , Khan sangat sulit untuk bertemu dengan Presiden. Namun saat AS memiliki presiden baru, ya Obama digambarkan lebih care akan kasus ini dan mau bertemu dengan khan dan mewujudkan impian khan (maaf yang blm nonton aku nulis endingnya).

Film ini akan dimaknai bahwa Presiden AS skrng adalah Presiden yang memperhatikan kaum Muslim di negara tersebut. Tidak bisa dipungkiri, mulai dari sekarang sudah dipastikan Obama sudah mengatur strategi untuk pemilihan selanjutnya. Dan ini salah satunya.

Selain itu, diakhir film khan menyampaikan bahwa ada salam untuk presiden. Nah sebutan yang khan sebut itu (denger aja ya di filmnya) adalah sebutan atau sapaan saat orang-orang kulit putih saling bertemu. Dan itu seakan-akan melegitimasi bahwa orang kulit putih pun mendukung Obama.

Cukup menarik menganalisa film ini, film ini memang benar-benar memiliki banyak nilai, baik nilai yang memang harus kita teladani dan ini yang menarik dengan menemukan nilai yang tersembunyi di balik film ini...*paling ngga mengaplikasikan hasil kuliah*

Saya pribadi senang banget film ini, karena film seakan menjawab dan membuktikan bahwa Islam itu bukan Agama Teroris, hanya orang-orang yang mendapatkan dokrin yang salahlah yang menjadi teroris. Puas..puas banget.....=)

Ok temen-temen itu sedikit analisa buat film "My Name Is Khan", buat yang belum nonton...saya sarankan untuk nonton deh...Malah kalau bisa ya...para teroris dan calon teroris tonton deh film ini *tapi jgn bawa bom ya* biar kalian lihat berapa banyak orang yang dirugikan atas perbuatan kalian...

Selamat Menonton......*mungkin kalian akan menemukan nilai yang tersembunyi lainnya di film ini, cerita-cerita ya*


Sumber image:web 21 cineplex

Comments

Anonymous said…
Selain MNIK film Bollywood yang patut ditonton dan sedang hyangat2nya dibicarakan di dunia adalah film
1.KITES dbintangi Hrithik Roshan & Barbara Mori (Aktris telenovela meksiko yang terkenal lewat telenovela RUBI) genre action romance.

2. TEEN PATTI dibintangi Amitabh Bachchan & Ben Kingsley (aktor gaek Hollywood)genre thriller.

3. VEER dibintangi Salman Khan (Collosal love story)

4. Koochi Koochi Hota Hai = adalah film KKHH versi animasi.

5. FIRED adalah film horror ( ala korea banget)Bollywood tapi memakai Bahasa Inggris yang di bintangi Rahul Bose.

Untuk nonton trailernya kunjungi www.bollywoodhungama.com atau www.youtube.com.

Saya ingin kenalan dengan anda semua para fans Bollywood, search saya Pravin Irawan di FB.

Semoga informasinya bermanfaat, shukriya Allah hafiz

Popular Posts