kisah lain dari Bank Century


Ini tulisan berasal dari cerita saudara aku yang terkena imbas dari kebobrokan yang ada di Bank Century. Memang siapa sih saudara aku itu? Pejabat Negara, orang penting, pegawai Bank Century atau Nasabah Bank Century. Semuanya SALAH. Loh?? Iya saudara saya itu adalah hanya seorang PELAMAR KERJA. Kok bisa ya?

Begini ceritanya, oh iya sebelumnya tulisan ini berdasarkan hasil cerita saudara saya tidak ada yang ditambahkan atau dikurangi loh.

Saudaraku itu namanya Puti Lafina, kita seumuran dan satu kampus dulunya jadi deket eh bahkan setahun yang lalu sempet satu kantor juga. Jadi awalnya setelah kelulusan ditahun 2007 itu Puti mengirim beberapa lamaran ke perusahaan-perusahaan, nah salah satunya itu Bank Century.

Namun sampai terakhir Bank Cantury itu membuka lowongan pekerjaan yaitu tahun 2008, Puti ngga dipanggil-panggil buat interview atau tes ( ya memang bukan rejeki, toh sekarang udah kerja juga). Tapi selang 3 tahun kemudian datanglah sebuah surat panggilan, tapi bukan panggilan kerja (basi juga) melainkan panggilan ke MABES sebagai saksi sebuah kasus.

Menurut cerita Puti ya, pas terima surat itu pasti yang ada kaget (iyalah urusannya sama Polisi) dan bingung karena urusan Puti sama Bank Century itukan ngga pernah ada, hanya sebatas surat lamaran. Tapi ternyata berawal dari surat lamaran dan CV nya itulah kasus ini ada, jadi Puti dan 246 orang pelamar jadi totalnya 247 orang ya. Data ke 247 orang itu digunakan sebagai data dalam membuat Bilyet Deposito.

Tau ngga setiap lembar bilyet deposito itu isinya berapa? 2 Milyar. Ya jadi ada 247 bilyet deposito yang setiap lembarnya berisi 2 M dan menggunakan 247 data pelamar tersebut. Nah coba dihitung aja deh tuh 2 M x 247 lbr =?????? *males ngitungnya* banyak kan ? kemana ya kira-kira tuh uang?

Ya udah akhirnya Puti mendatangi Mabes untuk member keterangan, disana dia sempat bertemu dengan kepala cabang yang dijadikan tersangka. Setelah member kesaksian, maka Puti boleh meninggalkan Mabes dan diangkap selesai urusannya…*tau deh urusan tuh kasus*

Nah, inti dari tulisan ini bagi gw sendiri, ngga nyangka deh kalau kasus yang selama ini Heboh di TV taunya berkaitan secara tidak langsung ke saudara aku. Kalau boleh dianalisa sedikit *semoga ngga salah* Kasus ini seolah menunjukkan memang ada penyimpangan pada Bank Century. Jadi pemilihan opsi C oleh para anggota DPR RI kemaren kemungkinan besar adalah Tepat.

Hikmah lainnya adalah kita juga harus berhati-hati dalam memberikan data pribadi kita, kalau ngirim lamaran kerja coba diinget-inget kita ngelamar kemana aja, kalau perlu kita punya arsip surat lamaran kita. Trus data kita kalau apply kartu-kartu gitu, kita juga harus tegas dan menjaga bahwa data pribadi kita akan aman.

Nah semoga tulisan ini bermanfaat bagi yang membacanya, buat Puti ini pengalaman luar biasa…Thanks buat ceritanya…



Comments

Popular Posts