3 Hati 2 Dunia 1 Cinta

“saat cinta terhalang perbedaan”

Kalau ditulisan yang lalu dari film “Red Cobex” aku juga nulis perbedaan dalam sebuah percintaan tapi perbedaan itu dari status social keluarga dan itu “hal” tersirat yang aku lihat di film itu dan akhirnya aku tulis.

Nah untuk film ini memang dipaparkan secara jelas adanya perbedaan, namun untuk kali ini perbedaannya berbeda yaitu perbedaan agama. Mungkin terdengar klise saat seorang pria muslim jatuh cinta dan berpacaran dengan wanita non-muslim. Tapi yang klise-klise kayak gini yang banyak di kehidupan nyata dan kadang orang susah buat menghindari atau menyelesaikannya.

Ok, disini aku ngga akan menulis secara detail jalan ceritanya. Film ini kata adek aku itu ada novel nya tapi kalau di Novel sisi religi nya lebih di bahas.

Generasi kita terkadang menganggap perbedaan itu indah, iya saya setuju itu. Namun ada klasifikasi perbedaan yang masih bisa di toleransi ada yang “sulit” di toleransi. Perbedaan status social, adat, suku mungkin masih bisa di selesaikan dan dibicarakan tapi kalau perbedaan keyakinan tampak sulit ya.

Nah di film ini bener-bener digambarin, gmana hubungan cowo-cewe yang beda agama tapi mereka saling menghormati keyakinan masing-masing. Sempet kita diarahkan untuk berpikir bahwa salah satunya akan mengikuti keyakinan satu nya.Atau seketika sang pria di jodohkan dengan wanita yang satu keyakinan dengan dia.

Tapi….

Kita tinggal di Indonesia, saat kita menikah nanti yang menikah bukan hanya kita dan pasangan melainkan menikahkan dua keluarga besar.

Untuk perbedaan yang bisa di toleransi seperti beda Negara, adat, suku dan status social masih bisa diperjuangkan untuk disatukan. Disini aku setuju prinsip perbedaan itu indah. Namun untuk perbedaan keyakinan itu, terlalu banyak pihak yang akan tersakiti.

Intinya tulisan aku yang didapat dari film ini, terlihat menyakitkan sekali sebuah cinta itu harus dipisahkan dengan perbedaan, dan suatu yang ironis tanpa cinta bisa bersatu hanya karena ada persamaan.

Endingnya film ini ngga ketebak, terhitung gantung malahan .Tips nya nonton film ini ampe bener-bener abis ya, karena akhir cerita sebenarnya ada di narasi di akhir-akhirnya.

Jadi, saat kita dan pasangan sudah menyadari perbedaan itu tidak dapat disatukan, lebih baik jangan memulai itu semua karena akan sangat sulit untuk menyudahinya, kecuali untuk perbedaan yang bisa di toleransi loh…

“ Jadi, kita lihat saja nanti………” *) ngutip dialog nya



Comments

Popular Posts