Kutipan Inspirasi

Ini tulisan selanjutnya, dengan tema "Kutipan Inspiarasi" , berikut aku re-post lagi ya....

Sukses adalah perjalanan

Semua orang menginginkan menjadi sukses, semua motivator memberika motivasi agar kita menjadi sukses. Sebenar apa sih sukses itu sendiri?

Bagi ku sukses adalah sebuah pencapaian dari keinginan/harapan yang kita ingin capai, entah itu dalam hal pendidikan, pekerjaan, hubungan asmara atau apapun itu yang ingin dicapai. Saat hal tersebut tercapai makan saat itulah aku merasa sukses.

Semakin aku berusaha untuk mencapai kesuksesan itu dan menjadikan sukses sebagai tujuan hidupku, aku semakin menjadi orang yang obsesi. Setiap awal tahun aku membuat sejumlah target yang harus aku capai biasanya sekitar 10 hal dan pada akhir tahun aku mencoba mengevaluasi apakah target-target itu tercapai. Jika ada 2 dari 10 hal yang tidak tercapai maka aku menganggap diriku tidak sukses. Sampai pada akhirnya aku menemukan kutipan ini.

“Success is a journey, not a destination.”
(Ben Sweetland)

Sebagai ilustrasi saja, jika kita akan pergi ke Bali melalui jalur darat dan kita hanya fokus pada tujuan akhir kita yaitu Bali. Maka saat kita sampai di Yogyakarta untuk beristirahat sejenak kita menganggap kalau kita belum sukses. Coba jika kita fokus bahwa ini adalah perjalanan maka kita akan menemui banyak hal, mulai dari pemandangan sekitar, hambatan-hambatan dalam perjalanan dan saat kita berhasil sampai di Yogyakarta kita sudah sukses walaupun belum sampai ketujuan akhir yaitu Bali.

Sukses adalah perjalanan bukan sebuah tujuan. Saat melihat kata-kata itu, mataku seolah-olah terbuka bahwa selama ini aku terlalu berlebihan menginterpretasikan kata “sukses” untuk diri aku, ini yang membuat aku menjadi orang yang obsesian, menjadi orang tidak menghargai proses mencapaian sebuah target dalam hidup dan parahnya jarang merasa sukses.

Saat kita memahami kata-kata kalau sukses itu sebuah perjalanan, maka proses saat kita menentukan apa yang harus kita capai, jatuh bangun saat mencapai itu akan menjadi cerita sukses untuk diri kita. Jika perjalanan ini sebuah kesuksesan bagi diri kita maka sekecil apapun pencapaian yang kita dapatkan dalam perjalanan ini akan menjadi makna dalam hidup kita.

Singkat saja, saat kita menyakini bahwa sukses adalah perjalanan maka nikmati perjalanan ini layaknya kita menjalani sebuah perjalanan, akan ada pencapaian-pencapaian dalam perjalanan ini yang membuat kita merasa sukses. Lalu tujuan akhir kita? Itu juga pada akhirnya bisa kita capai karena sebuah perjalanan akan sampai pada tujuan akhir. Tapi nilai positif dari kutipan diatas, jika kita tidak berhasil sampai ketujuan akhir, kita tidak down dan merasa gagal karena kita sudah melalui perjalanan itu, yang berarti kita sudah sukses.

“mulailah menikmati hidup yang hanya sekali ini dengan menjadikan sukses adalah sebuah perjalanan hidupmu”

Comments

Popular Posts