Tokoh Inspirasi

Ini tema ke 26 di Bulan November yang ditetapkan oleh Jejakubikel yaitu tokoh inspirasi, saat ini Michelle Obama adalah Inspirasiku, bagaimana cerita yang aku tulisa nah aku repost disini ya...


The Power of Love Michelle Obama

Selain nenek dan mamaku ternyata masih ada satu wanita lagi yang menjadi inspirasi, yaitu Michelle LaVaughn Robinson atau yang lebih di kenal dengan Michelle Obama. Kedatangan Presiden USA Barack Obama ke Indonesia memang menarik perhatian semua orang, namun buat saya sosok Ibu Negara Michelle Obama disamping Obama jauh lebih menarik perhatian.

*******

Sekilas tentang Michelle Obama, lahir di Chicago, Illinois, Amerika Serikat, 17 Januari 1964 adalah istri Barack Obama, Presiden Amerika Serikat yang menjabat sejak tahun 2009. Keluarganya berasal dari etnis Afrika-Amerika. Michelle mengawali karier sebagai pegawai pada fira hukum Sidley Austin yang kebagian tugas di bidang pemasaran dan properti intelektual. Setelah itu, Michelle tercatat sebagai asisten walikota Chicago, Richard M Daley. Michelle juga menjadi wakil presiden untuk hubungan eksternal dan komunitas rumah sakit Universitas Chicago dan lulus dari fakultas hukum setelah meraih gelar sarjana sosiologi dari Universitas Princeton. Michelle berkenalan dengan Barack Obama tahun 1989 yang saat itu menjadi mentornya. Michelle adalah senior Barack Obama di firma hukum Sidley dan Austin. Mereka lalu menikah tahun 1992 dan dikaruniai dua orang putri bernama Malia Ann Obama dan Natasha Obama.

*******

Jika saya diminta untuk menggambarkan Michelle Obama dalam 3 kata maka saya kan menyebut kata Cerdas, Menarik dan Pengertian. Cerdas, hal itu terlihat jelas dari jenjang pendidikan yang dia miliki sehingga dapat mengantarkan Michelle ke sebuah karier yang cemerlang di bidang Hukum.

Menarik, pada diri Michelle Obama saya menemukan apa yang disebut “Inner Beauty” dengan cara dia berbicara,bertingkah laku dan berpenampilan semua benar-benar menjadi paket komplit yang membuatnya menarik, untuk urusan fashion tidak usah diragukan lagi karena gaya berbusana “ibu Negara” ini menjadi panduan bagi wanita-wanita di Dunia, Amerika khususnya.

Pengertian, ya ini point yang membuat saya benar-benar mengaguminya. Dia rela berbagi perhatian dan waktu dari suaminya dengan Negara, dia siap menjadi orang tua tunggal bagi kedua putrinya saat Obama menjadi senator dan harus tinggal di kota yang berbeda, dan dia sanggup berbagi keuangan rumah tangganya untuk biaya kampanye suaminya. Hanya wanita yang pengertian yang bisa melakukan itu.

Ketika masa kampanye Obama mencalonkan diri menjadi Presiden Amerika, dengan kecerdasan yang dimiliknya dia ikut membantu membuatkan program kampanye, dengan daya tariknya dia tampil dimuka publik untuk mendapatkan dukungan bagi suaminya. Dia juga mengantisipasi kesibukkan Obama agar hubungan ayah dan anak-anaknya tidak terganggu.

*****

Lalu mengapa Michelle Obama menginsipirasi saya? Itu karena saya memiliki pasangan yang aktif di dunia politik. Ya, dunia politik itu berat. Berat untuk dijalani dan berat untuk dipahami. Dunia Politik tidak pernah mengena pagi atau malam, tidak mengenal weekday dan weekend. Jika saatnya harus rapat,konsolidasi dan kegiatan lainnya maka tidak pernah ada kompromi untuk waktu.

Seorang wanita pastinya tidak pernah ada yang rela dibagi waktu dan perhatiannya dari pasangan dengan hal lainnya apalagi dengan dunia politik. Bohong kalau saya terkadang ingin menyerah untuk memahami dan mengerti dunia politik ini.

Namun dari sosok Michelle Obama, saya seolah mendapatkan tambahan “pengertian”. Michelle Obama yang punya karir sendiri tapi dia mampu untuk mendukung suaminya dari belakang, dia tau kapan harus muncul sebagai Michelle dan kapan harus menjadi Nyonya Obama. Padahal untuk kemampuan yang dimiliki dan (ego wanita) pastinya dia ingin menunjukkan siapa diri dia tapi dia benar-benar tau bagaimana menempatkan diri dan itu sangat membantu untuk pencitraan sang suami.

Dari Michelle Obama saya juga memahami bagaimana membantu pasangan saat ada masalah, dunia politik memerlukan banyak biaya namun michelle tidak pernah keberatan berbagi keuangan rumah tangganya dan membantu mencarikan dana tambahan, prinsipnya “ tuhan sudah mengatur rejeki setiap orang”. Terkadang dunia politik dapat memecah belah hubungan rumah tangga, namun dengan kemampuan Michelle mempertahankan rumah tangganya dari semua permasalahan di dunia politik, tetap dapat menjaga hubungannya dengan Obama, hubungan Obama dengan anak-anaknya serta berhasil mendukung Obama ke puncak karir menjadi Presiden Amerika Serikat benar-benar menginspirasi saya.

Jadi, kalau saya ingin menjadi seperti Michelle Obama maka saya harus segera menyelesaikan S2 ini, menitih karir sendiri, mendukung pasangan, ngga ada ngambek-ngambekan saat perhatian pasangan terpecah dengan partai , rela saat biaya kencan dialihkan untuk para kader atau harus meninggalkan malam minggu.

Masih jauh untuk menjadi seorang Michelle Obama, terkadangan saya berpikir apa yang membuat dia bisa seperti ini, tampaknya jawabannya adalah Cinta, cintanya pada suami, anak-anak serta negaranya mungkin itu yang membuat dia menjadi luar biasa.

“Ada seorang wanita hebat dibelakang kesuksesan seorang pria”

The Power of Love Michelle Obama


Comments

Popular Posts