Trimester Pertama Kehamilan (1-3 bulan)


Saat menulis ini, hari ini tanggal 16 Mei 2012 tepat berusia 18 minggu.. ya sudah bisa dibilang empat bulan. Jadi udah waktunya buat cerita-cerita apa yang dialami selama Trimester pertama alias bulan 1-3 dikehamilan pertamaku ini.

Jadi keinget-inget gimana awalnya mengetahui kehamilan, coba baca ini Aku Positif . Kehamilan ini bener-bener hadiah pernikahan dari Allah. Bayangkan belum genap 1 bulan menikah, kabar gembira ini kami terima . Alhamdulillah...

Okey..mari kita bercerita...

Bulan pertama itu di minggu ke 1 s/d minggu ke 6


keadaan badan di minggu ke 5

Setelah hamil saya baru mengetahui bahwa kehamilan itu dihitung dari Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) kita. Nah, HPHT aku itu tanggal 10 Januari 2012, dimana aku belum akad nikah..hihihihi lucu ya =) , jadi saat aku mengetahui kehamilan itu di tanggal 16 Februari 2012, secara hitungan aku sudah hamil 5 minggu.. Nah loh bingungkan.. ya itu semua karena berdasarkan HPHT perhitungannya.

Walaupun usia kehamilan sudah menginjak minggu ke 5, tapi janinnya masih berumur 3 minggu (di kurangin 2 minggu masa ovulasi ya). Apa yang dirasa-in di bulan pertaman ini?

Nah berhubung nyadar hamilnya pas udah mau berakhir bulan 1 ini, kalau di inget-inget lagi ternyata nafsu makan aku amat sangat meningkat, setiap malam mau-nya makan malam. Aku sih tadinya berpikir kalau itu tanda-tanda mau haid (karena kan seharusnya 10 februari 2012 haid dong ya).

Selain itu?? kalau di inget-inget lagi ternyata saya amat sangat beserrrrr alias bolak balik kamar mandi untuk buang air kecil, ternyata itu indikasi awal kehamilan.

Selain nafsu makan dan frekuensi buang air kecil yang meningkat kalau untuk fisik mungkin jadi lemes dan gampang ngantuk..hehheheh....

Ya itulah cerita di bulan pertama... ini ada foto usg-nya belum ada apa-apanya baru terbentuk kantung rahim-nya (liat yang item2 ya)

USG di minggu ke 5

Bulan Kedua itu di minggu ke 7 s/d minggu ke 10

keadaan perut di minggu ke 7 jalan 8

Kita masuk ke bulan ke 2, yaitu minggu ke 7. Sudah mulai kepengenan makanan mulai dari nasi kuning (akhirnya dibikinin sama bude nunuk, ma'kaish bude) , terus kepengenan lontong kampung isi oncom yang montok yang cukup bikin repot temen mama buat nyariin itu.
ini lontong kampungnya
Terus mual-mualnya?? gini ya dari jaman gadis dulu *tsaelahh* emang udah jadi kebiasaan kalau pagi itu eneg dan pengen muntah jadi biasa kali ya. Yang ngga biasa itu ya muntah-muntah di kantor, jadi gampang eneg dan ampe muntah.. aku bilang muntah itu CEMUMUN.. ampe disebut bumil cemumun..=p

Selain itu, setiap pagi terjadilah #DramaDamay , dibangunin kerja sama suami udah kayak anak SD dipaksa sekolah, terus maunya di masak-in air panas sama mas Andri buat mandi (padahal awal2 nikah udah bisa mandi pake air dingin)

Ya itulah sekilas cerita dibulan ke 2, bisa dibilang bulan dimana lagi berat-beratnya muntah, maunya di rumah buat istirahat. Oh iya, waktu di usg yang ke 2 ini di minggu ke 7, udah mulai ada putih2 alias janin di dalam kantung rahim-nya... Bahagia sekali..=)

USG di minggu ke 7

Bulan Ketiga itu di minggu ke 11 s/d minggu ke 14

keadaan badan di minggu ke 15 *menggendut*

Bulan ketiga alias bulan terakhir di Trimester pertama. Ini bulan kombinasi, kalau bulan pertama baik-baik aja, bulan ke dua lemah banget karena muntah-muntah. Nah, bulan ini campur aduk semua-nya.

Kadang seminggu keadaan badan amat sangat super duper enak banget sampe maunya jalan ke mall (emang mau emaknya) , ngga pake muntah. Tapi ada kala-nya yang lemes sampe mesti izin ngga masuk kantor, muntah-muntah heboh sampe ngga mau makan nasi.

Oh iya, jadi sempet ngalamin yang namanya ngga suka nasi putih. Jadi makannya corn flake, lontong,roti, kentang *gayamu nak* . Ngebayangin nasinya aja eneg, apalagi makan.



Terus dibulan ini, rutin mesen jus alpukat kalau di kantor dan dibekelin air kacang ijo sama mama...








Terus..terus di bulan ke 3 ini, saat di USG, janinnya udah mulai terbentuk....

USG minggu ke 11 jalan 12

Nah, begitulah cerita di Trimester pertama kehamilan ini, badan rasa ngga karu-karuan, eneg tanpa henti tapi semuanya membahagiakan. Sekarang saatnya menjalani Trimester kedua yang kata orang-orang sih, fase terenak di masa kehamilan.....

Bismillah untuk Trimester kedua ini, semoga terus diberikan kesehatan dan kelancaran... Amien =)

Comments

emmeliatobing said…
Hai,,haaaaiiii.. Salam kenal yah..
Emang seru yah awal2 kehamilan gini.. Banyak meraba2 dan banyak belajar.. Samaaa,,aku jg sekarang sedang 'isi'.. Sekarang minggu ke-13..
Izin nge'follow blog nya yah.. kali' aja ntar bisa bagi2 pengalaman.. Sehat2 terus dan thx :)
Damay said…
hi.... salam kenal juga =)
iya...seru,seneng,deg2an..campur jadi satu...
btw, selamat ya buat kehamilannya..
nanti semester ke 2 lebih seru... tunggu ya cerita nya di blog..=)

sehat2 terus juga....

Popular Posts