Senam Hamil



Senam Hamil...

Apa sih senam hamil itu?

Senam hamil merupakan sebuah program fisik yang sangat penting bagi calon ibu untuk mempersiapkan saat persalinannya. Senam hamil adalah gerakan senam yang dirancang khusus oleh para ahli medis dan kebugaran untuk menguatkan otot-otot kewanitaan guna mempermudah proses persalinan nantinya (Indiarti, 2008).
(sumber : http://ghivhie.blogspot.com/2012/07/senam-hamil.html)

yeah, sampailah di fase alias usia kehamilan bisa senam hamil... Aku pribadi sebenernya ngga tau usia kandungan berapa yang ideal untuk melakukan senam hamil. Ya ini sih sok tau-nya aku aja ya, aku berpikir kalau udah 7 bulanlah waktu yang tepat untuk senam hamil.

Nah, berhubung 7 bulan jatuhnya di bulan puasa, ya wes.. di undur sampe abis lebaran aja deh mulai senam hamilnya.

Dengan tekad yang kuat *ciee* berhasil membuat mata ini melek pagi di hari sabtu. Tepatnya sabtu lalu tanggal 8 September 2012 dimana usia kandungan aku adalah 34 minggu. Aku di temani suami si mas Andri itu berangkat ke RS Graha Kedoya (RS tempat aku periksa).

Kenapa sama suami? ya sok taunya aku lagi nih ya... kayaknya kalau di film-film barat (korban film) itu senam hamil di dampingi sama suami-nya, makanya aku minta di temenin.

Sampe di RS kedoya jam 9 lewat (telat..!!!) jadi sebenernya pendaftaran jam 1/2 9 dan kelas di mulai jam 9 teng...

Jadi nyampe langsung ke lantai 5, daftar di tempat medical check up, biaya sekali senam cukup murah yaitu Rp 30.000. Lalu menuju ruang serba guna tempat senam hamil berlangsung, tapi kok banyak bapak-bapak di depannya? ternyata suami-suami ngga ikutan masuk kayak di film-film, mereka menunggu di luar. hahhahah =D

Aku masih di izinkan masuk *alhamdulillah* , aku mencari matras yang kosong, duduk llau tarik nafas panjang dan mulai mengikuti gerakkan instrukturnya.


Gerakkannya lebih ke gerakkan peregangan yang memang di butuhkan oleh para ibu-ibu hamil besar, lalu di akhiri dengan releksasi (ampe ketiduran beneran). Durasinya sekitar 1 jam-an lah. Setelah itu kita di kasih susu hamil (sponsor).

Sesi selanjutnya, ibu-ibu yang usia kehamilannya sudah 36 keatas di minta ke pinggir lalu di beri gerakkan tambahan, setelah selesai sesi tersebut masih lanjut untuk ibu-ibu usia kehamilan diatas 38. Jadi gerakkannya beda-beda di sesuaikan dengan usia kandungannya.

Kesan dari senam hamil perdana ini adalah... seneng =) iyalah, bertahun-tahun fitnes ikut kelas ini itu, ngga pernah ngerasa sesenang ini ikut senam hamil. Sekelas barengan hamil, buncit-buncit semua dan semua berpikiran untuk bisa lahir normal.

Rencananya aku sih mau setiap sabtu senam hamil sampe waktu melahirkan tiba, pasti ada manfaat dari senam hamil saat melahirkan nanti kalau aku rutin melakukannya (optimis).

Yak, itulah cerita lain dari dunia kehamilan... ayo ibu ibu kita senam hamil....

Comments

Indahnya berbagi... Manstaph...
ndutyke said…
Aku ikutan seneng baca postingan ini. Senam hamil emg menyenangkan ya mbak :) selain bs melatih fisik buat persiapan lahiran, jg bs dpt ilmu banyak dr ibu bidan yg ngajarin senamnya :) aku senam di RSIA Tambak, btw.

Popular Posts