Upacara 7 Bulanan

Lagi di siram sama dukun Bayi-nya


 Kalau baca post sebelumnya yang bercerita tentang perjalanan di bulan ke 7 dan rencana acara 7 bulanan dari keluarga suamiku yang kebetulan orang Jawa *ini bukan rasis ya*.  Nah, ini lanjutan ceritanya...

Jadi sebenarnya usia kandungan 30 weeks dimana aku menghitung pada saat itulah #babybala2 berumur 7 bulan di dalam kandungan jatuh pada tanggal 8 agustus 2012. Awalnya, acara 7 bulanan mau diadakan tanggal 12 Agustus tapi karena sedang bulan puasa akhirnya di undur sampai setelah lebaran.

Singkat cerita ya... jadi setelah lebaran aku mulai nanya-nanya ke suami kapan diadakan 7 bulanan karena nanti keburu 8 bulan usia si #babybala2. Kata suami aku nanti nunggu mamanya pulang dari mudik. Nah kebetulan mertuaku mudik di lebaran kemaren.

Berhubung mudik, jadi judulnya aku belum silaturahmi dong ke mertua untuk lebaran. Akhirnya sabtu tanggal 25 Agustus 2012 , berangkatlah kami ke rumah mama mertua. Sesampai disana setelah salam-salaman, lalu aku diajak ke kamar mama.

Mama mertuaku bilang "semalam ada yang bisikkin mama kalau harus 7 bulanan hari ini, terus tadi ketemu dukun bayinya katanya pas hari ini tanggal 7 di kalender jawa. Kamu ngga ada acarakan?"

Belum aku jawab, mama lanjut ngomong " pokoknya syarat-syarat buat 7 bulanannya udah mama siapin semuanya, nanti sore kamu di mandiin sama dukun bayinya ya"

Denger kalimat itu antara kaget dan seru... gmana ngga? tanpa persiapan apa2. Aku pun ngga bawa baju ganti langsung di suruh ganti daster si mama. Aku ngabarin orang ruman (mama papa aku) bahwa aku mau di 7 bulan-in hari ini, padahal ya sorenya ada acara ulang tahun sepupu aku di rumah dan aku sudah janji datang.

Singkat cerita, hari sudah menjelang sore. Jangan bayangkan sebuah tempat cantik untuk siraman , trus aku pake rangkaian melati lagi kayak waktu nikah dan perangkat upacara lainnya. Yang terjadi adalah saat hari sudah sore, belum ada tanda-tanda aku mau di mandiin.

Sampai akhirnya sang dukun bayi datang, aku ke kamar mama. Ganti daster dengan kain batik baru (ngga tau kenapa mesti baru) terus cuman aku dan sang dukun bayi di dalam. Katanya perut aku mau di dandanin , jadi kayak di pijat gitu.. deg2an sih secara itu perut yang di pegang. Tapi percaya aja, semua untuk kebaikkan #babybala2.

ini ibu sang dukun bayi-nya

Setelah selesai di "dandanin perutnya" alias di pijat perutnya, aku di giring ke teras trus di siramin air kembang di baskom, ternyata ada telor ayam-nya dan uang recehnya. Sesungguhnya aku ngga ngerti sama semua makna dari simbol-simbol itu.

Yang aku lihat itu telor ayam tau-tau udah di bawah, udah pecah aja. Ngga tau kapan lewatnya..hehehhe. Setelah itu aku di suruh mandi bersih dan ganti baju. Setelah selesai sang dukun bayi di antar pulang oleh mas andri (mesti suaminya yang anter)

Abis itu, aku secara simbolis ngulek bumbu rujak , setelah itu di lanjutin deh nguleknya.... katanya sih rujaknya pedes.. *apa tuh artinya?*




Nah tadinya aku dan mas Andri mau pulang karena mau ke ulang tahun sepupu ku, tapi ternyata mama sudah siapkan acara lain. Setelah isya datang pak ust untuk membacakan doa agar aku dan #babybala2 diberi kesehatan dan kelancaran sampai melahirkan nanti.. Amien



Yak.. dengan demikian selesailah acara 7 bulanan yang dadakan ini. Kaget, seru, sederhana dan bermakna.. Walaupun tanpa pesta yang umumnya orang 7 bulanan, tapi aku sebagai orang minang ini, ngerasa-in ritual Jawa di saat hamil yaitu 7 bulanan untuk si #babybala2.

Acara 7 bulanan ini menjadi cerita buat aku dan #babybala2 nantinya karena beda dari biasanya...

Alhamdulillah, waktu 4 bulanan di bikin-in pengajian sama neneknya, terus 7 bulanan sama eyang ti-nya. Semuanya dibuat dengan sederhana namun kayak makna. Semoga ini membuat #babybala menjadi anak yang dekat dengan kesederhanaan,soleh dan sehat.. amien =)


note : kalau nyimak diatas, mertua ku bilang malamnya kayak ada yang bisikkin. Ngga tau ya sok di sambung2in, malam sabtu itu aku ngga bisa tidur #babybala2 gerak tanpa henti di perut aku. Mungkin saat itu dia lagi kontak batin sama eyang uti-nya...

Comments

Popular Posts