Yes,We Prepare It and ready!!




Liat tweet dari @mommiesdaily yang menginformasikan deadline lomba blog mengenai breastfeeding. Jujur saya, belum pernah membuka link-nya dan saat itu hanya membantin "ingin ikut tapi kan kondisinya saat ini aku masih hamil. Belum ada cerita tentang breastfeeding.

Sampai akhirnya aku RT tweet tersebut dan bilang  "nanti ada-in lagi ya lombanya biar bisa ikut soalnya lagi hamil". Eh mimin-nya @mommiesdaily yang baik menjawab tweet aku, ternyata ada kategori untuk ibu hamil juga.

wah... semangat dong...Langsung aku link-nya membaca persyaratannya dan buka-buka link blog yang udah daftar. Muncul lagi permasalahan baru *semacam banyak masalah ya aku ini*  hehehe.. semua bercerita tentang pengalamannya memberi asi, mpasi dan lain-lain. Lalu aku nulis apa ya???

Setelah dipikir-pikir *tsaelah* walaupun kondisi sedang hamil anak pertama dan belum pernah punya pengalaman breastfeeding pastinya, tapi nyatanya *semoga benernya* aku punya sedikit cerita tentang breastfeeding.

Jadi saat aku menulis post di blog ini, usia kandungan aku pas berusia 34 minggu. Ya bisa di bilang sudah berada di minggu-minggu terakhir menjelang kelahiran dan akan bertemu dengan yang namanya breastfeeding.

Aku menikah di awal tahun 2012 dan alhamdulillah langsung diberi kepercayaan sama Allah untuk hamil (belum sebulan nikah waktu tau aku positif) ini link-nya..klik.. kali-kali mau baca,....hehhee.

Saat berita bahagia ini datang, aku bingung apa yang mesti aku lakukan selain konsultasi ke dokter, dan ternyata twitter memberikan jawabannya *anak media social skali ya*. Berdasrkan arahan teman yang sedang hamil juga, aku menfollow beberapa account yang berhubungan dengan kehamilan mulai dari dokter,komunitas sampai acc tentang ASI.

Saat follow memang hanya bersifat ikut-ikutan, namun berjalannya waktu tweet-tweet tersebut mewarnai timelineku *tsaelah*, semuanya menarik karena memang ini hal baru bagi aku tapi tweet dari acc @ID_AyahASI favorite aku dan suami *aku minta suami follow juga*

Secara ngga langsung, aku yang ngga ngerti apa-apa tentang ASI mendapatkan banyak info yang akan sangat berguna untuk bayi aku nanti. Tweet-nya ringan tapi bermanfaat, aku jadi tau fungsi ASI itu gimana karena yang aku tau itu anak-anak bayi pada minum susu formula (SuFor), terus apa yang namanya ASIX, ASIP , MPASI , dll.

Jadi selama aku hamil ini, aku seperti belajar dari acc tersebut akan pentingnya dari ASI itu, gimana nanti aku yang bekerja bisa siapin stock ASI serta betapa pentingnya dukungan dari orang sekitar kita yaitu kelaurga dan SUAMI pastinya...

Dukungan suami yang konkrit dalam proses pemberian ASI ternyata memiliki efek yang sangat besar. Aku sampai beli beli buku yang dibuat oleh ayah-ayah yang mendukung ASI itu.

buku AYAH ASI

Membaca buku tersebut *sumpah ini buka promosi* bener-bener memberi aku banyak bekal untuk persiapan seperti IMD, daya tampung lambung bayi dan hal-hal yang mesti kita jelaskan ke kelaurga dan suami agar mendukung kita memberikan ASIX.

Ditambah artikel-artikel dari mommiedaily mengenai dukungan suami untuk istri menyusui dan ayah asi. Semakin membuat aku tak sabar untuk menjadi ibu menyusui dan suamiku menjadi ayah ASI. hehehhe =)

Selain membaca tweet *hehehhe* , buku serta artikel-artikel mengenai pentingnya ASI. Awal september kemaren aku dan suami mengikuti edukASI yang diadakan oleh AIMI ASI di sekolah Cikal pada tanggal 1 September 2012.

Menyenangkan dan mengharukan (maaf ibu hamil sensitif), di sabtu pagi itu hampir semua ibu hamil yang mengikuti kelas laktasi ini ditemani para suami-nya, seakan ini menandakan bentuk dukungan awal para suami agar kita para istri ini menjalankan tugas mulia yaitu menyusui.

edukASI AIMI ASI


Selain suami, berkumpul dengan teman-teman yang sedang hamil dan bertekad memberikan ASIX juga memberikan pengaruh positif, kita jadi semangat untuk bisa IMD, bisa ASIX dan bisa menyiapkan ASIP saat kembali kerja agar anak-anak kami menjadi ayah ASI.

Kami bertekad untuk ASI


So.. inti post ini adalah aku sebagai ibu hamil ikut merasa telah memiliki pengalaman akan breastfeeding walaupun masih sebatas teori. Kami baru mendapatkan pengalaman dari buku, artikel atau cerita dari para ibu menyusui yang berjuang untuk membuat anaknya menjadi sarjana ASI S1,S2,dan S3

Aku pribadi merasa ikut terharu dan bangga jika ada ibu yang mengabarkan anaknya sudah lulus S1 ASI, atau melihat stock ASIP yang banyak serta cerita-cerita seru memerah ASI di kantor.

Selain itu, berbekal pengalaman ibu-ibu menyusui yang aku baca, aku juga membaginya dengan keluarga.. aku selalu bilang ke mama aku " bayi kuat sampe 3 hari tanpa makanan" maksudnya biar nanti saat aku melahirkan jangan ada yang bawel-bawel suruh kasih sufor disaat asi aku belum keluar karena itu cuman bikin aku stress. hehehhehe

Aku juga selalu berpesan dengan suami aku untuk nanti selalu mengawasi anak kami, agar tidak kecolongan di kasih SuFor sama rumah sakit dan aku minta sepenuhnya dukungan suami agar mood aku baik terus dan asi pun bisa lancar muncrat..hehehe Amien...

Paling lama 6 minggu lagi (hitungan 40 minggu), aku akan melahirkan. Tampaknya segala jenis teori dari mulai IMD sampe memerah sudah aku pelajari tinggal mempraktekkannya. aku dan suami menyiapkan semuanya termasuk menyiapkan aku menjadi ibu menyusui dan calon anak ASI.

Semoga dengan persiapan ini membuat kami siap menghadapi kelahiran dan tantangan serta drama yang terjadi dalam proses menyusui nantinya...

mohon doa dan dukungannya, agar aku dan teman-temanku yang sedang bertekad menjadi ibu & ayah ASI bisa berhasil dan kami bisa ikut berperan menciptakan generasi bangsa yang berkualitas.. Amien...

calon Ayah dan Ibu ASI


Yes.. We Prepare it and ready for breastfeeding....

Salam ASI =)



Comments

nenglita said…
Yeay! Senang bacanya, semangat sekali sampai ikut kelas segala. hebat! Insyaallah segalanya berjalan lancar ya, selamat atas kehamilannya semoga lancar sampai persalinan nanti :)
Damay said…
Hi mbak Lita =) salam kenal...

Iya mbak semangat banget nih mau jadi BuSui..hehheh, ampe ikut kelas sebenernya krn aku org-nya suka parno-an takut klu asi ngga keluar.
hehehhe

ma'kasih mbak.. amien ..doakan lancar ya lahiran aku begitu juga asinya..hihihi

Popular Posts