IMD & Rawat Gabung

 Proses Melahirkan sudah dilalui, impian untuk melahirkan normal pun Alhamdulillah tercapai. Selanjutnya adalah menjalankan tahapan-tahapan untuk bisa asix alias ASI ekslusif yaitu IMD dan rawat gabung yang konon katanya bisa mempercepat ASI keluar dan salah satu faktor kesuksesan ASIX.

IMD

#babybala2 di dada ku...


Inisiasi Menyusui Dini. Selama hamil kenyang deh baca di twitter soal IMD, terus di seminar ASI pun di bahas tentang IMD ini. Terus rumah sakit dan tenaga medis juga menentukan bisa IMD atau ngga.
Waktu usia  kandungan 7 bulan sudah tanya-tanya ke pihak RS apakah bisa dilakukan IMD , jawabannya adalah situasional tergantung kondisi ibu dan bayi.

Alhamdulillah melahirkan normal, kondisi tensi aku baik, kondisi bayi baik.. maka terwujudlah cita-cita IMD itu... Bayiku diletakkan di dadaku di selimutin dan diberikan topi bayi. Bener loh... bayi baru lahir beberapa  menit yang lalu itu bisa merangka di atas dadaku mencari payudara untuk menyusu.

Banyak pendapat nih ya tentang IMD, ada yang bilang IMD sukses kalau bayi berhasil menyusu, tapi ada yang bilang menyusu tidak menyusu yang penting bayi sudah skin to skin dengan ibu nya.

Nah #babybala2 a.k.a Agad ini ngga sampe menyusu, hanya saja tangan2 mungilnya itu menyentuh putingku.. *terharu loh itu*

sang nenek dan eyang uti menemani proses IMD


Dengan demikian , niatan IMD pun telah tercapai semoga bisa membuat ASI ku segera keluar. Amien =)

Rawat Gabung


Untuk rawat gabung ini juga sudah cek sebelumnya dengan pihak RS, apakah memungkinkan? katanya bisa di komunikasikan dengan pihak perawat.

untuk kelancaran niatan rawat gabung ini, aku ambil kelas utama yang akunya sendirian jadi ngga ada alasan dong buat aku ngga dapat kesempatan rawat gabung.

Malam 1 setelah lahiran, aku masuk ke kamar sekitar jam 11 malam. Aku yang menolak diantarkan bayinya ke kamar. Kondisi aku ngga memungkinkan karena CAPEK... dari 1/2 4 pagi melek dan abis berjungan melawati mules dan melahirkan. Jadi untuk malam pertama ini aku ngga rawat gabung.

Ke esok harinya, dari pagi sampe sore... Agad bersama aku. Hanya di bawa ke ruang bayi beberapa kali untuk di cek dokter. Malam hari-nya, cerita sudah mau rawat gabung, apa daya badan masih capek karena sore nya banyak tamu yang datang.

Jam 12 , Agad di kembalikan ke ruang bayi... *emak nyerah*....



Hari ke 3, seharian Agad bersama aku. Malam hari nya... Agad nangis, aku dan mas andri sebagai orang tua baru pun panik. mas Andri nyaranin buat panggil suster dan balikin ke ruang bayi. Tapi aku bertahan buat tetap urus Agad malam itu sampai akhirnya jam 1/2 4 pagi aku  nyerah dan manggil suster buat bawa Agad ke ruang bayi... *muup nak, mama nyerah lagi*

Menurut aku dan mas Andri mengenai rawat gabung itu...............
  • Benar adanya kalau rawat gabung itu kita bisa lebih sering belajar buat nyusuin dia. kapan pun... Sehingga berefek langsung ke produksi ASI. Di mana hari ke 2, ASI ku setetes dua tetes mulai keluar. Alhamdulillah...
  • Dibutuhkan kondisi fisik yang kuat dari kita, karena kita abis capek ngelahirin trus sudah harus mulai begadangan ngurus bayi.
  • Minimal.. kita udah bisa gendong bayi.. kalau ngga repot juga kalau dia nangis... hihih

Ya itulah sekilas tentang IMD dan rawat gabung ya aku alami. Alhamdulillah dapat RS yang mendukung semua keinginan aku.. lahiran normal, IMD dan rawat gabung....



Comments

emmeliatobing said…
Uaaaah,,seruuu.. sy pengen IMD jg mbak ntar, skrng ini UK menjelang 7 bulan..

Salam kenal yah dan izin nge'link :)
Damay said…
hi mbak lia...

sorry baru bales.. sejak lahiran susah mau online,..hihiiih

iya, seru deh proses IMD itu... mdh2an nanti lancar ya IMD nya, di omongin jauh2 hari sama pihak rumah sakit dan dokter klu mbak mau IMD..

Salam kenal juga mbak =)

Popular Posts