Usia Anak vs Usia Sekolah

Sebelumnya...kalau nanti ada yang baca tulisan ini..Mohon maaf ya,buat sok pinter atau sok paling bener.
Ini cuman share,mungkin lagi ada orang tua yang lagi galau untuk masukin anaknya sekolah..

Pissss yaaa...✌✌

Mari kita bercerita...

Agad itu udah mulai sekolah dari umur 1 tahun mulai dari di Rumah Main Cikal Fx,Kidspace Pondok Indah, Alazhar Pusat, Alazhar Bintaro dan di sekolahnya yang terbaru ini (next post ya).

Sejujurnya gw ngga tau umur ideal untuk anak mulai sekolah, jadi dulu Agad mulai sekolah di kidspace karena di males belajar jalan di rumah jadi gw milih untuk masukin dia ke baby gym nya kidspace.

Waktu kan terus berjalan,anaknya enjoy banget di sekolah.Tujuan awal cuman biar bisa jalan (yang tercapai setelah 1 bln sekolah), jadi punya beberapa tujuan kayak Agad jadi bisa sosialisasi,mudah masuk ke lingkungan baru, merangsang motorik kasarnya jadilah dia di kidspace selama 1 tahun.

Sampai Agad di umur 2 tahun pun gw masih ga itung2an umur ideal,yang ada di pikiran gw adalah sepertinya udah waktunya untuk motorik halusnya Agad.

Cari-cari sekolah dan dapat informasi bahwa Alazhar ada kelas untuk anak umur 2-3thn yaitu kelas Toddler. Satu tahun di toddler otomatis Agad naik ke kelas Kelompok Bermain, untuk Kb nya ini Agad pindah ke Alazhar Bintaro.

Nah....pas Agad di kelas KB ini gw baru mulai sadar akan umur ideal dan cari tau.Jadi setelah KB itu kan TK A,TK B lalu SD.

Agad ini kan lahirnya September,pas di umur cut off beberapa sekolah tapi hasilnya dia akan jadi paling muda di kelasnya.

Hasil hitungan gw kalau semuanya lancar Agad akan TK A di 3thb10bln, TK B di 4thn10bln dab SD di 5thn10bln.....what? Belum 6thn dia udah SD...siap ga ya ini anak buat SD dimana pelajarn anak SD sekarang luar biasa semua.

Alhamdulillah punya sahabat psikolog anak,langsung ngobrolin keresahan gw sama Nuki.

Dari awal Nuki langsung bilang kalau SD di 5thn10bln itu kecepetan, gw tanya kenapa? Di paparin beberapa hal dan gw malah di tanya balik "emang harus cepet2 ya?"

Gw kan orangnya labil trus kayak mau semua berjalan lancar-lancar aja jadi ya tahun ini TK aja...itu egoisnya gw kan ya, tapi gw di sadarkan bahwa ini yang sekolah Agad,yang jalanin Agad...akhirnya untuk ke 100x nya nanya pertanyaan yang sama ke Nuki dan di kirim-in jawaban gini.....*biar di baca sendiri*


Oke...akhirnya gw berdamai dengan diri sendiri trus jelasin semua ini ke Andri soal hal ini. Tapi Agad kan udah terlanjut sekolah nih, muncul pertanyaan baru jadi mesti tunda masuk TK atau masuk SD nya biar nanti dia bisa SD di umur 6thn10bln mendekati umur 7thn yang katanya di anggap umur ideal untuk sekolah SD.

Jawaban Nuki adalah lebih baik tunda masuk TK nya karena kalau nunda masuk SD dia sudah di usia yang lebih besar dan nanti akan muncul pertanyaan dari si anak kenapa dia tidak SD sementara temen-temen SD.

Okey,akhirnya gw dan Andri sepakat untuk tunda masuk TK.Hal ini juga kita share ke guru KB nya Agad yang menanyakan Agad kok ga daftar TK...

Lega rasanya ambil keputusan ini, benar atau salah itu ngga pernah ada dalam sebuah keputusan.Gimana cara pandang kita ajakan? Hehhehehe...

Trus Agad bakal ga sekolah satu tahun? Atau ngulang kelas KB nya di Alazhar Bintaro....

Next post yaa...buat cerita hal ini....

Comments

Popular Posts