Weaning with love (WWL)

Jeda dulu dari cerita sekolah Agad.Ini cerita seharusnya di post setahun yang lalu tapi apa daya baru sempet sekarang..hhahah..

Sesuai judulnya mau cerita proses weaning with love (WWL) nya Agad yang gw cita-citakan karena kan mulainya pakai cinta,udahannya mesti pake cinta juga dong.

Alhamdulillah selama nyusuin Agad dari awal ngga pake drama, satu-satunya drama cuman pas ngejar stock ASIP jelang dia S1 Asi.

Proses menyusui yang bikin gw jadi super melar *nanti ya gw crita terpisah soal ini* tapi gw amat sangat menikmatinya sampai akhirnya Agad ulang tahun ke 2 dimana semua orang udah ribut nyuruh Agad di sapih..

Idealnya mah sebelum 2 tahun udah di siapin buat berhenti tapi gw?udah sih sounding-sounding ke Agad tiap mau tidur klu nanti dia ulangtahun ke 2,abis itu ngga boleh cecee lagi *bahasa Agad utk nenen*

Tapi nyapih tak semudah dibayangkan karena balik lagi gw bercita-cita harus selesai dengan cinta dimana ga ada tangis2an baik dari Agad maupun gw..

Sepenting itu wwl may? Buat gw iya...gw menyakini semua akan waktunya,Agad ga akan nenen se umur hidupnya jadi gw berjanji bakal terus nenen-in sampe waktu yang tepat tiba..

Kapan? Katanya kalau mau wwl itu mesti ikhlas baik dari ibu maupun anaknya.Dipikir-pikir,di rasa-rasa kayaknya gw yang belum ikhlas melepaskan atau menyudahi masa-masa paling indah ini. Jadi gw ngga bakal nuntut Agad buat udahan dong.

Sampelah Agad umur 2,5 tahun dimana dianya udah sekolah toddler,orang-orang semakin ribut kenapa Agad masih nenen. Pelan-pelan gw mulai ikhlas untuk nyapih,mulai becanda-becanda ngga mau kasih nenen trus anaknya ngadu deh ke papa atau neneknya dan akhirnya gw di suruh nenen-in.

Gitu aja terus sampe akhirnya Agad terus ceceee...Sampai Agad umur 2thn 10 bulan  saat beberapa hari menjelang Agad masuk sekolah di kelas bermain *wah udah gede*. Gw konsultasi sama sahabat gw Nuki yang kebetulan psikolog anak dan omongan Nuki yang paling ngena adalah "semuanya harus 1 suara jangan beda2".

Mulai deh gw jelasin ke suami,bokap nyokap gw bahwa Agad udah waktunya berhenti nenen karena udah mau 3 tahun,jadi minta tolong kalau Agad nanya boleh nenen ngga di jawab ngga.

Setelah itu di coba pas mau tidur,dia minta cece...gw jawab ngga..Di nanya ke papanya dan nenek seperti biasa tapi saat papa dan neneknya jawab ngga,dia balik ke gw dan bilang aku ngga boleh cece...dan dia tidur sendiri...begitu besoknya...besok dan sampai hari ini..

Udah gt aja?iya gitu proses Agad WWL penuh keikhlasan dari semua pihak tapi kalau gw bilang gitu aja karena memang 2thn 10bulanlah waktu yang tepat untuk Agad berhenti nyusu.

Malam pertama Agad tidur tanpa cece..gw peluk-peluk sambil senyum dan gw ngga mewek karena bahagia mencapai cita-cita wwl itu.

Alhamdulillah ya nak...semoga pelukkan dan ASI mama selama 2thb10bln ini menjadi investasi kesehatan buat Agad...

Jadi kalau ada yang nanya,kapan waktu untuk nyapih?
Waktunya hanya ibu dan anak yang tau..
Dan saat waktu itu tiba itulah waktu yang terbaik..

Peluk buat semua ibu menyusui yang sedang berusaha untuk nyapih....

Comments

Popular Posts