Working Mom to be Stay At Home Mom

Temen-temen gw atau yang ngikutin blog ini tau kalau gw baru aja menanggalkan status working mom yang gw banggakan menjadi stay at home mom yang gw cita-citakan.

Sebelum menceritakan hari-hari gw setelah menjadi Stay At Home Mom a.k.a SAHM, gw pengen nulis aja sebenernya hal-hal apa aja yang mesti kita siapin untuk menghadapi masa transisi ini.

Waktu gw mau resign, gw mulai mencari blog2 yang menceritakan hal itu tapi kok jarang ya nemuinnya.


Jadi ya...ini menurut gw dan yang gw jalanin saat mempersiapkan perubahan status working mom menjadi stay at home mom.

1. Lo mesti tau apa yang akan lo lakuin setelah resign?
Ga perlu muluk-muluk akan bisnia A,B atau C , atau terlalu heboh menyambut masa kebebasan pengen liburan,hura-hura karena buat bisnis itu ga gampang dan liburan plus hura-hura itu sifatnya tactical alis ga bakal terus-terusan lo lakuin itukan.
Kalau gw, sesuai dengan niatan gw berhenti untuk ngurus Agad jadi gw tau bahwa aktifitas rutin gw yang dulu ngantor akan digantikan dengan aktifitas ngurus Agad,anter dan nunggu sekolah,ngurus dan masak buat suami.
Karena gw sudah men-set apa yang akan gw lakukan, 6 bulan sebelum gw berhenti gw sudah tidak pakai mbak momong alias mbak khusus yang megang Agad. Ada mbak tapi buat urusan rumah.
Jadi itung2 gw latihan megang Agad 24 jam dan kalau ada urusan Agad di pegang suami, orangtua gw atau mertua.

2.Buat Bisnis atau sampingan.
Nanti bosen loh....

Yang namanya bosen...ngantor pun juga ada bosennya kan tapi mungkin kalau ngantor solusi bosennya lebih beragam.

6 bulan sebelum gw resign, gw udah kepikiran hal ini dan gw share ke team gw sampai akhirnya dari itu kita ber3 bikin DtreeProject, bisnis kecil-kecilan kayak planner,dekor bday, dll (boleh cek ig nya @dtreeproject).
Ceritanya ini bisnis disiapin buat kalau gw resign tapi alhamdulillah pas dibikin langsung jalan, jadi setelah resign gw tinggal lanjutin.

Tapi...urusan bisnis nih balik lagi keniatannya buat dapet tambahan atau mengisi waktu luang. 

Kalau gw lebih untuk mengisi waktu luang jadi ngga ngotot-ngotot amat bisnisnya tapi tetep profesional,karena kalau gw pasang target jatuhnya nanti malah fokus ke bisnis bukan ke anak seperti tujuan resign gw...iya ga?

3. Bergaul
Apa sih point ini...hahahhaha gw juga bingung..
Maksudnya adalah memperluas jaringan pergaulan atau pertemanan kita. Gini kan jaman ngantor sebagian besar waktu kita itu sama temen-temen se kantor kita kan, ya makan siang bareng,cemal cemil atau curhat.
Trus kita ngga kerja masa kita recokin temen-temen yang lagi ngantor jadi kita harus bertemu dengan teman-teman yang senasib *alah bahasanya.
Dimana nemunya? Ga usah dicarilah...nah balik ke point 1 kan niat gw adalah urus Agad,jadi waktu gw bakal habis sebagian besar di sekolah jadi mama-mama di group WA sekolah anak kita dari sekian banyak pasti ada yang sejiwa sama kita deh.
Balik lagi nih ke gw...alhamdulillah pas Agad di kelas KB walaupun gw ngantor tapi gw ikut arisan dan ibu-ibu nya tuh seru-seru. Anak-anaknya naik kelas atau pindah sekolah pun itu arisan di lanjutkan jadi paling ga sebulan sekali gw pasti akan bertemu mereka buat arisan.
Selain arisan bisa juga kita janjian sarapan atau makan siang bareng,atau jalan-jalan bareng atau bisa ngelakuin hal positif bareng kayak olahraga,ikut kelas parenting atau mungkin aja bisa bisnis bareng.

4. Ikhlas
Klise tapi bener...kalau lo resign karena kenginan elo dan ikhlas itu rasanya enteng bener. Apalagi kayak gw dimana jadi stay at home mom salah satu cita-cita gw (next post ya cerita soal ini)
Jadi...jangan pernah lo berhenti kerja dan memutuskan jadi stay at home mom karena terpaksa trus ga ikhlas...udah kelar...pasti bakal uring2an.
Masih terkait ikhlas,ini juga sama urusan income.Biasa terima gaji trus ngga pasti ada perbedaan, terlepas dari urusan diskusi keuangan rumah tangga yang pasti jadi topik utama di omongin saat lo mau resign. Kita juga mesti ikhlas dan bersyukur sama rejeki yang Allah kasih ke suami kita *kibas jilbab...hahahha tapi bener deh kita ikhlas dan bersyukur inshallah dicukupkan..Amin yang kenceng..


Yang sejauh ini sepertinya 4 hal itu deh yang perlu disiapin *seinget gw ya...hahahhah....
Tiap orang beda-beda sih ya tapi yang gw rasa gw lakukan yang itu.

Semoga tulisan ini sedikit membantu buat yang lagi galau-galau,mudah-mudah ngga menyesatkan..

Tips terakhir....

Ikutin kata hati tapi libatkan juga logika namun buang jauh-jauh emosi saat mengambil keputusan mengubah status dari working mom menjadi stay at home mom

Comments

Popular Posts