Sukses Toilet Training dalam 3 hari

Selain proses nyapih biasanya urusan toilet training jadi sesuatu drama lain buat para ibu.Ini #latepost lagi soal toilet training Agad.

Sebenernya kapan sih anak harus toilet training? Di beberapa artikel sih mulai 2 tahun bahkan ada yang nulis 18 bulan sampai 4 tahun atau sang anak siap.

Trus kalau lewat dari umur tsb jadi telat dong? Ya balik ke ibu masing-masing ya...kalau gw memang ber prinsip dan menjalankan bahwa tidak ada kemampuan yang kecepetan atau kelamaan a.k.a telat karena setiap anak punya waktu yang tepat....*percayalah yang tepat itu indah....hhahahaha*

Oke,balik ke umur 2 tahun? Jujur ya gw sih tidak berpikir untuk toilet training di umur 2 tahun karena fokus gw saat itu adalah berhenti menyusui a.k.a nyapih. Kalau gw obses untuk toilet training juga...kasian dong Agad karena di umur yang masih kecil banyak tuntutannya...

Nah karena proses nyapih aja baru kelar di umur 2 tahun 10 bulan karena gw ngejar wwl  yaa.. Jadi sudah jelas gw ngga melakukan toilet training secara praktek tapi gw sudah mulai menginformasikan bahwa pampers itu baby,kalau Agad udah boy jadi harus lepas pampers.

Berhasil? Nggalah... Di tambah gw ngga yang langsung lepasin pampersnya,gw punya beberapa alasan untuk itu....

1.Gw tau anak gw belum siap....ini ga usah di jelasin ya..soalnya urusan feeling.
2.Gw belum siap liat dia gagal toilet training..Gini ya, yang namanya toilet training kan pasti ada gagalnya entah dia pipis sembarangan atau lainnya.Gw belum siap dan takutnya gw malah marah-marah2in Agad dan efek marahin dia kan panjang ya nantinya jadi....lebih baik di tunda dari pada nanti dia gw marahin.
3.Kasian nanti rumah nyokap berantakkan. Gw masih tinggal sama nyokap, walaupun dulu gw pakai mbak buat Agad yang siap buat beres2in atau bersih2in kalau Agad gagal toilet training tapi....kok gw ga tega ya klu nanti Agad lain main di kamar nyokap atau di sofa nya trus dia pipis atau pup aja di situ..
4.Toilet trainingnya sama gw.

Itu sih alasan gw ya kenapa Agad belum toilet training di umur 3 tahun tapi....alhamdulillah banget si mbak kayaknya yang kepengen Agad toiley training jadi dia rajin ajak Agad ke toilet dan berhasil untuk....urusan PUP....

Jadi kalau Agad mau pup dia udah bisa ngerasain dan bilang mau Pup di toilet..Kalau katanya orang-orang yang udah toilet training itu biasanya bisa pipis duluan tapi di Agad malah Pup duluan...hhahahah...

Waa....jadi lebih gampang dong lepas pampersnya? Ngga juga...
Sekali lagi karena alasan2 di atas dan gw ga suka maksa Agad, gw cuman bisa usaha dengan ngoceh2 aja dan iming2in kalau dia berhasil pipis di toilet nanti dibeliin mainan yang dia mau.

Berhasil? Ngga juga....dan akhirnya gw berbesar hati dan ikhlas bahwa ini bukan waktu yang tepat buat Agad lepas pampers walaupun urusan pup di toilet udah lulus hampir setahun.

Sampai di Juli kemaren, gw udah resmi jadi ibu rumah tangga dan Agad udah mau masuk sekolah.Tanya dong ke Nuki psikolog anak andalan gw soal Agad yang masih belum mau pipis di Toilet, nuki udah kasih aneka tips dan terakhir Nuki bilang toilet training tuh bisa loh cuman 2-3 sukses tapi lo nya di rumah aja jangan pergi-pergi.

Sampai suatu malam, entah ya gw kepikiran apa gitu pas mau tidur trus gw ngomong "kalau Agad masih pake pampers,Agad ga masuk ke gank nya captain america" trus besok paginya Agad ga mau di pakein pampers...*waduh deg2an juga gw..

Oh iya...kan gw sempet cerita hal ini sama Nuki...Sebenernya gw ngga boleh ngomong kata2 ga masuk gank karena katanya pergaulan anak2 sekarang keras ya tapi gimana udah keucap dan kayaknya mujarab di Agad...hhahaha

Lanjut ya...ga pake pampers yang ada gw bawel nanyain mau pipis apa ngga dan rajin ngajak ke toilet.Untuk hari pertama ini gagal 2x kebablasan pipis di celana dia ngerasa masih pake pampers.

Hari ke 2 gagal 1x dan hari ke 3...lulus....eh beneran lulus ga nih? *mamanya ragu*

Sampai di hari ke 4 dimana Agad hari pertama masuk sekolah dan gw ga PeDe jadi gw pakein pampers tapi pas pulang sekolah gurunya bbilang"tadi Agad minta pipis ke toilet,jadi besok-besok ngga usah pake pampers lagi"

Hahhahah....gw meragukan anak sendiri...*parah yaa*, ya udah sejak saat itu Agad ngga pake pampers lagi kecuali...tidur malam karena balik lagi gw nya yang ragu...hahha padahal Agad udah bisa bangunin gw kalau mau pipis tengah malam.

Yaa...begitulah cerita toilet training Agad, sesuai kata Nuki bisa di lakukan hanya dalam itungan hari.

Telat dong?heyyy bukan...tapi ini waktu yang tepat buat Agad jadi dia nya happy karena ga di marah2in, gw nya juga happy berat.

Udah ngga beli pampers lagi dong? gw masih beli pampers kok.. Buat apa?
1.Tidur malam tetep gw pakein,jaga2 anaknya kecapean sampe ga rasa mau pipis.Daripada bikin pulau di kasur.
2. Kalau pergi jauh dan gw ga tau kondisi wc nya gimana,soalnya ini anak jijian.Ngga mau pipis kalau toiletnya ga sip...hahhaha...Daripada nahan mending suruh pipis di pampers *walaupun banyakkan nolaknya sih nih anak*

Jadi buat mama-mama yang sedang toilet training...semangat yaaa....semua indah pada waktunya....




Comments

Popular Posts