Bulan Bahasa di Rumah Main Cikal Bintaro

Bulan bahasa Indonesia atau biasanya orang-orang bilangnya dengan sebutan bulan bahasa dimana dibulan tersebut (menurut gw ya ini) kita lebih mengenal,menggunakan dan memahami bahasa Indonesia baik lisan, tulisan maupun hasil sastranya dan jatuh di bulan Oktober.

Agad mendongeng
Gw mulai ikut sibuk-sibuk bulan bahasa tuh jaman-jaman SMP atau SMA gitu (lupa) jadi banyak hal-hal menarik dilakukan.

Nah, di sekolahnya Agad yang merupakan sebuah pre school ikut memeriahkan bulan bahasa.

Bulan November lalu (2016) di jadikan bulan bahasa karena oktobernya kita kepotong liburan term 1.Trus kenapa baru nulis? Karena gw nunggu sampe puncak acaranya dan kemaren pas mau nulis wifi error..*kzl

Oke...ini beberapa rangkaian aktifitas bulan bahasa di RMC Bintaro..

1.Anak Mendongeng
Jadi setiap anak di kelas (kelas prekindie) diberi kesempatan untuk mendongeng di area perpustakaan di hadapan teman-teman kelasnya (kayak foto paling atas). Anak diberi kebebasan untuk membuat cerita sesuai imaginasi mereka dan pastinya aktifitas ini mengajarkan mereka untuk berani dan percaya diri berbicara di depan kelas.

2.Pendongeng International

Rumah main cikal bekerjasama dengan "Ayo Dongeng Indonesia" mendatangkan pendongeng dari luar negeri.
Di RMC Bintaro sendiri kedatangan 4 pendongen dari Inggris,Thailand, India dan Singapura.

Seluruh kelas masuk di hari dan jam yang sama. Lalu dibagi menjadi 2 kelompok jadi kelas bayi-bayi dengan adik-adik sementara kakak-kakak dengan prekindie.

Kelas kakak-kakak dan prekindie mendapatkan pendongeng dari Thailand dan Singapura. Dongeng di sampaikan dalam bahasa inggris lalu di terjemahkan.

Walaupun disampaikan dalam bahasa inggris tapi cara pendongeng mendongeng sangat menarik dan berhasil membuat anak-anak tartarik mendengarkan dongeng dari awal sampai akhir.

3. Ayah Mendongeng
Tanggal 12 November adalah hari Ayah Nasional nah jadi diminta ada perwakilan Ayah untuk mendongeng di kelas.

Kebetulan di kelas Agad ada 2 Ayah yang akan mendongeng dan salah satunya papa Andri.

Tema dibebaskan tapi sebaiknya cerita berbahasa Indonesia.

Walaupun para Ayah awalnya degdeg-an akhirnya mereka mendongeng dengan baik dan anak-anak happy...

4.Menghias kelas


Satu lagi keseruan dari rangkaian aktifitas bulan bahasa yaitu menghias kelas jadi dibagi sesuai teman kelas adik-adik tema sumatra, Kakak-kakak tema Papua dan Prekindie temanya Bali.

Nah yang bikin seru dalam 1 level kan ada 2-3 kelas dengan jadwal yang berbeda seperti prekindie 1 kelas di pakai 3 kelas A,B dan C akhirnya kita para mama-mama bikin group untuk koordinasi dekor.

Gw pribadi salut sama ide ini karena ngajarin para mama untuk saling kenal dan koordinasi antar kelas. Kita ngomongin materi yang mau dipakai dan nentuin jadwal buat menghiasnya.

Dan ini hasilnya....bagian pintu yang paling menonjol dari hiasan kelas prekindi
5.Puncak Bulan Bahasa

Nah ini aktifitas terakhir yang merupakan puncak bulan bahasa dimana anak-anak menggunakan atribut sesuai tema kelas,lalu ada acara per level di kelas dan acara gabungan semua level dengan menonton dongeng.

Selain itu ada sesi foto bersama per kelas dan nyam-nyam makanan khas daerah...seru...

 Mungkin anak-anak belum mengerti makna sesungguhnya dari bulan bahasa tapi paling tidak mereka di perkenalkan dan kita para orang tua nya kembali di ingatkan akan bulan bahasa...

Untuk team RMC....suka sama ide rangkaian acara bulan bahasa dan cara melibatkan anak serta orang tua di dalamnya...

Comments

Popular Posts