Agad dan Ipad


Aaah....udah sebulan ga ngepost ternyata..Maunya ngepost yang lain dulu tapi karena mau nulis review dari seminar hari ini jadi nulis tentang ini dulu deh.

Sebenernya ini bahasan udah lama pengen di tulis di blog tapi biasalah ketunda,ketunda dan ketunda...

Oke....sesuai judulnya Agad dan Ipad!

Beberapa yang temenan sama gw di sosmed mungkin tau ya *PeDe* ya kali-kali suka liat di foto atau di insta story kalau kemana Agad pergi di situ ada Ipadnya.

Sebelum mau cerita awal perkenalan Agad dengan dunia digital ini.

Sebenernya Agad tau hp ya sejak umur-umur 6 bulan tapi...sebatas denger-denger lagu anak dari hp dan cukup ampuh buat bikin dia tenang.

Okey loncat ke umur Agad hampir 2thn (kayaknya masih 1.5 tahun), Agad suka mainin Ipad Omnya dan entah ide dari mana gw dan Andri pun akhirnya beliin dia Tab nya samsung, alasan klise gw adalah biar Agad bisa video call sama gw yang dulu masih kerja dan gw yang dulu sebagai working mom (gw yaaa ini), sebagai balasan rasa bersalah ninggalin kerja Agad jadi rasanya pengen kasih semua yang Agad suka...salah?iya pasti salah tapi.....gw tetap merasa ada sisi positifnya.

Komunikasi sama Agad jadi lebih seru, dia suka yang minta-minta mbaknya buat video call dan pembendaharaan kata bahasa Inggrisnya meningkat dengan sendirinya.

Agad punya gadget di umur 2 tahun, trus gimana dengan perkembangannya?

Nih yaa...yang ramai di luar sana *tsaelah*, anak terlalu terpapar gadget bisa bikin banyak dampak negatif yang paling sering itu keterlambatan bicara.

Alhamdulillah...alhamdulillah, walaupun dia punya gadget sendiri,kita tetep rajin Agad ngomong dan Agad sekolah *next lah bikin postingan manfaat sekolah dini*, jadi Agad tidak ada masalah dalam hal perkembangan bicara dia.

Ngga sampe setahun itu tab rusak,tau-tau aja mati.Gw dan Andri memutuskan untuk ga benerin tab atau beliin yang baru.

Ada 6 bulan Agad ga pake gadget, dan dia hanya main ipad kalau ketemu om nya DAN.....ini anak karena jarang main ipad yang terjadi apa?malah jadi orang sakau ipad, jadi sekali pegang ga mau di lepas lagi padahal mah dulu biasa-biasa aja.

Sampailah di ulangtahun Agad ke 3 dan dia dapet hadiah ipad dari eyang...iya Agad punya Ipad sendiri.

Apa sih yang dia main-mainin?ga jauh dari games *itu pun gw yang download* dan youtube buat dengerin lagu *iya dia lebih tertarik lagu-lagu dibanding nonton film*

Okey...situasi itu dia punya ipad sendiri dan gw kerja, gw akui ga terlalu punya banyak waktu sama dia apalagi bikin-bikin mainan yang ada unsur-unsur edukasi.. jauh 😂😂😂 *pengakuan dosa*

Sampai disini gw masih ngerasa ipad masih kasih dampak positif buat Agad karena dia bisa bahasa inggris dengan sendirinya dan gw takjub akan itu.

Mungkin beberapa yang kenal gw atau yang baca tulisan ini berpikir "segitu bebasnya gw kasih Agad gadget"...*ga salah sih berpikiran gitu tapi kan balik lagi ini anak gw dan gw lebih tau dia gimana*

Sampai menjelang Agad umur 4 tahun dan gw berhenti kerja jadi bisa lebih banyak waktu ngajak dia main tapi....dia tetep main2 sama ipad lagi.

Apalagi kadang-kadang ada urusan gw yang berhubungan dengan klien dan gw membutuhkan Agad anteng...jelas, kasih ipad solusinya.

Okey....di umur 4 tahun ini Agad udah biasa buka password ipad sendiri (ini dr 3thn sebenernya), search di youtube kalau udah mentok banget minta tolong, bisa sok2 kasih info kalau ada iklan itu bisa di skip loh ma 😂😂 , minta di download in games2 belajar *gw tau akal2an dia biar main ipad trus* dan....minta download in iqro.

Ampr tidur aja ipad dipegang

Makin kesini gw nya juga makin keenakkan nih sama kehadiran si ipad, apalagi kan sekarang dia ikut gw pergi kemana-mana dan gw selalu mengizinkan Agad buat bawa ipadnya dan main kapan pun tanpa batasan *salah?iya gw salah untuk ini...

Untuk semua salah-salah yang gw lakukan di atas, gw harus benar-benar bersyukur karena Agad mendapatkan dampak positifnya.

Walaupun dampak positif lebih banyak tapi akhirnya...iya akhirnya gw merasakan Agad sudah kebablasan dalam hal waktu bermain dengan ipadnya.

Gw mulai share ke beberapa temen dan pihak sekolah...untungnya ga ada yang pernah nyalahin gw kasih Agad gadget karena memang sudah jamannya, jadi tinggal memberikan batasan bermainnya..Gampang? SUSAH!!


Kalau kita mau detok anak gadget,kita dan orang-orang sekitar mesti ikutan detoklah ya...susah kan ya??
Di ulang berkali-kali dan gagal trus sampai......

Bulan lalu Agad ada tes masuk TK dan yang tes itu psikolog anak, gw di kasih kesempatan buat ngobrol dengan psikolog itu dan gw ceritakan perihal Agad dan Ipad nya ini dan....psikolog pun ngga menyalahkan gw karena sudah terlanjur kasih gadget dan gw diminta dalam sehari ada waktu 10-15 untuk melakukan aktifitas yang duduk bareng dan konsentrasi.

Nah....ini kenyataan kalau anak lebih dengerin pendapat orang ke 3, jadi pas psikolognya bilangin "Agad jangan lama-lama main ipadnya" , tau ngga responnya Agad apa? Dia malah ngomongin apa yang selama ini gw omongin ke dia "iyaa...kalau lama-lama nanti matanya sakit"  "kalau pergi-pergi ga usah bawa ipad,ngobrol-ngobrol aja" dan lain-lainnya, ternyata selama ini dia denger apa yang gw bilang tapi ngeyel atau...karena gw nya ga konsisten jadi gagal trus.

Dan....sejak hari ini ga ada lagi tuh yang namanya bawa ipad kalau pergi,malah sekarang dia yang marah2in kita kalau main hp di mobil, kalau di rumah udah bisa di atur jam mainnya dan dengan suka rela dia buat berhenti mainnya.

Well,,,gw akhirnya walaupun mungkin masih terlihat banyak waktu Agad yang habis dengan ipad, tapi menurut gw sudah sangat berkurang dan gw sangat menghargai proses ini.

Ya begitulah kurang lebih cerita Agad dan Ipad dan gw dari sudut orang tua yang memberikan gadget pada anak,mudah-mudah bermanfaat ya cerita ini.

Kadang kita jadi orang tua terlalu kepengen ngikutin apa yang ada di buku-buku parenting atau standart parenting yang ada kayak no gadget,no tv.... tapi, semua kembali ke kita, kita lebih tau anak kita. Semua panduan parenting cukup jadikan panduan jangan standart...ntar stress sendiri.

Dan seperti postingan wwl dan toilet training , gw itu percaya semua akan terjadi pada waktu yang tepat!


Next post gw bakal cerita tentang cerdas digital bagi orang tua yang jadi materi hari ini..


Comments

Popular Posts