Pelajaran Agama dan Club Qur'ani di Sekolah Cikal


Nah nyambung postingan sebelumnya , yang mempertanyakan kenapa gw ga nyekolahin di tk yang berbasis agama mengingat Agad sempet 2 tahun di Alazhar.

Jawaban paling simpel ya...Agad maunya sekolah di sini.Lemah amat may jadi orang tua!! Sabar.. ini penjelasan gw.. hahaah

Gw bukan humasnya sekolahan nih tapi gw pengen sharing aja, Cikal sekolah yang memperhatikan pendidikan agama bahkan untuk semua agama.Untuk gw pribadi nama "Shihab" di belakang nama ibu Najelaa sudah lebih dari cukup menyakinkan gw dan Andri untuk terus menyekolahkan Agad di Cikal, karena kebetulan tafsir yang dipake bokap gw itu ya tafsir dari bapak Quraish Shibab.

Terlepas dari itu, di sekolah ada jam pelajaran agama seminggu 2x dan kalau merasa masih kurang ada club tentang keagamaan juga dan itu udah gw incer dari jaman Agad PreKindie.

Sebelum cerita tentang pelajaran di sekolah dan club nya,pengen cerita soal cara berdoa sebelum makan waktu mereka PreKindie (ini sempet gw post di IG juga)

Mereka berdoa pertama pakai bahasa Inggris, terus bahasa Indonesia.Nah setelah doa bahasa Indonesia yang agama selain Islam sudah di izinkan makan, yang islam gimana? Mereka baca doa mau makan dulu.

Gw liat ini pas lagi ricuh2nya pilkada DKI *lah jadi politik*,yaiyalah anak-anak ini hidup aman damai berdampingan walau mereka berbeda.

Dari situ gw menyakini bahwa ilmu agama dan toleransi itu harus sejalan dan bukan hanya di hafal tapi di terapkan...*cieee tumben bener 😄*

Oke balik ke pelajaran agama ya, jadi setiap jam agama islam yang agama lain pindah ke kelas lain sesuai agama masing-masing.Tau ga....gw tuh karena TK-SD di sekolah islam baru ngalamin kayak gitu,ngeliat temen keluar kelas pas jam agama pas SMP, lah Agad udah dari prekindie.

Berhubung belum 1 term jadi gw belum bisa menyimpulkan bagaimana pelajaran agamanya tapi.... dari cerita Agad dan video yang di kirim gurunya, gw sedikit narik kesimpulan kalau cara ngajarnya cocok buat anak-anak.


Term 1 ini kan mereka belajar surat An-nas tapi mereka ga sebatas suruh ngapalin doang.Di kasih tau artinya dan kegunaan surat itu.

Kalau liat dari videonya,mereka diajarin pakai gerakkan sesuai arti dan gurunya kasih sebutan buat Syetan itu Mr.S dan itu melekat banget di Agad.
Terus belajar tentang nabi Nuh, di ajak nonton film tentang itu.

Trus soal club yang gw sebut di atas, di sekolahan ada beberapa club olahraga dan seni tapi seperti niatan awal Agad masuk ke Club Qur'ani.

Sekali lagi karena belum 1 term, gw belum dapet report apa-apa buat club, tapi kalau dari cerita Agad sih katanya belajar huruf hijaiyah.

Terua gimana Agad dari hasil pelajaran agama sama club nya?

Sesungguhnya gw agak risih update soal yang berbau-bau agama,ntar di bilang riya...tapi aku kan mama-mama ya yang seneng kalau ada perkembangan di anaknya...hahhaha

Sejujurnya agad tuh paling ngga mau di ajak ngaji padahal udah di contohin sama orang serumah sampe kita berkesimpulan "jangan-jangan hatinya Agad tertutup" *drama....*, tapi alhamdulillah mungkin ini hidayah dan efek club, tau-tau aja anaknya minta belajar Iqro.


Ya...walaupun beberapa anak seumur Agad konon udah sampe Iqro berapa gitu ya...tapi buat gw, hati Agad tergerak sendiri buat ngaji tuh lebih dari cukup, sebagai orang yang prinsip parentingnya "semua akan ada waktunya", jadi Agad akan bisa ngaji pada waktu yang tepat...Amin.

Terus dari kelas agamanya, ternyata surat An-Nas itu "summative Assessment" , hangat banget hati gw terima email hari ini.


Awalnya gw ngga yakin Agad bisa hafal tapi tau-tau dia tiap hari baca surat An-Nas walaupun masih sedikit di bantu awal-awalnya tapi gw takjub sama guru yang ngajarin.


Ini gw rekam karena girang banget...hahaha..norak ya..

Ya semoga ini Agad istiqomah...Amin..Semangat terus tiap jam Agama sama Club.

Kesimpulannya....

Gw seneng ternyata pelajaran agamanya cukup dan sanggup merubah Agad..

Nanti kalau udah ada report gw bikin review club deh...hahahha

Comments

Popular Posts