Mengajarkan Anak Puasa #Agadbelajarpuasa

Assalamualaikum.....


Sesuai janji bakal cerita proses Agad belajar puasa karena menurut papanya Agad post setelah lebaran aja...eh bablas ampe udah mau kelar bulan syawal.

Oke, jadi begini ceritnya.Dari bulan April itu Agad udah berisik bilang "puasa kapan ma?"  , "Agad mau puasa ya!" , "Agad ikut saur ya" di ulang 100x.

Usut punya usut ternyata di sekolah pelajaran Agama lagi belajar tentang puasa. 

Berhubung Agad tahun lalu itu belum mulai belajar puasa dan gw juga berpikir udah ntar ajalah belajar puasanya pas SD jadilah berpikir bahwa tahun ini akan mulai belajar puasa apalagi ngebayangin dia puasa full, ngga pernah.

Masuklah bulai Mei, iklan di tv tentang puasa makin banyak jadilah pertanyaan barunya "ma...kapan kita mulai saur??" 

Sampe situ gw masih berpikir Agad cuman kebawa suasana aja mau saur dan puasa, gw juga masih ragu-ragu mau bangunin dia saur nanti susah lagi di ajak tidur yang ada gw ngantukkan...hahhahaha

Tapi sekitar beberapa hari menjelang hari pertama puasa, gw WA sama bubu Uti nanya-nanya soal ngajarin anak puasa tuh gimana ya?ini gw capture obrolan gw


Nah, bermodal obrolan itu gw coba mantapkan hati dan ngomong ke Agad. 
Apa jawabannya? Iyaa aku juga mau 1 hari puasanya kaya yang ada di Video.
"Kamu di kasih nonton video apa?"
"Ituloh ma...nyanyi-nyanyi tentang puasa"

Setelah gw suruh Agad nyanyiin ternyata video yang di maksud adalah....




Yup...lagunya Tasya ternyata di mana salah satu baitnya

Apakah arti puasa
Puasa tidak makan
Puasa tidak minum
Sejak subuh sampai magrib

Jadi walaupun Agad belum pernah puasa, dia udah paham kalau konsep puasa itu ya dari saur sampai magrib.

Sampailah di hari pertama puasa, di bangunin saur..gampang...makan gampang...dan tidur abis saurnya gampang banget....

Berhubung hari pertama puasa libur jadi bebas deh mau bangun jam berapa.Nah bangun-bangun minta susu, gw bilang tunggu jam 12 ya tapi pas jam 12 ditanyain mau buka ngga? Ngga mau.Jam 3 ditanya lagi kekeuh ngga mau ya udah mari kita lanjutkan sampe magrib. Alhamdulillah hari pertama ini full.

Berikut rangkuman IgStory gw selama Agad puasa dari saur sampe magrib.


Sangking takjub dan bahagianya gw sampe langsung ngepost ya di IG... hahahhaha...


Lanjut hari ke 2 ya dimana jatuh di hari Jumat dan udah mulai sekolah lagi tapi...karena kita sedang girang-girangnya Agad bisa puasa jadi kata papanya "udah ga usah sekolah,biar dia puasa aja lumayan dia belajar puasa sampe minggu".

Baiklah Agad puasa dan ga sekolah tapi gw nya mesti dekor jadi yang gw khawatirkan dia bangun tidur trus minta susu, dan benerkan pas dekor gw di telpon bokap bilang Agad mau buka tapi gw bilang tunggu sampe jam 12 dan seperti sehari sebelumnya dia ngga jadi buka dan alhamdulillah lancar sampe magrib lagi.

Setelah 2 hari puasa full dan gw nanya ke temen-temen gw katanya ga apa-apa kok kalau di janjiin sesuatu kalau puasanya full 1 bulan. Jadi mulailah gw ajak Agad ngumpulin sticker, gw bilang nanti kalau udah penuh bisa di tuker mainan.


Selamat sampe minggu itu berarti Agad udah full puasa 4 hari, nah senen Agad mesti sekolah karena ini minggu terakhir dia sekolah sebelum libur panjang jadi ngga mungkin gw bolosin dong.

2 kekhawatiran gw dia puasa sambil sekolah; 1.Abis saur kan tidur, susah banguninnya. 2. Agad sekolah di lingkungan yang heterogen , ngga semuanya puasa jadi ada kemungkinan dia tergoda buat puasa.

Gw tidak berharap Agad bisa puasa full selama masa sekolah, gw cuman bisa mendoakan dan titip pesen ke guru kelasnya kalau dia minta buka tolong di sabar-sabarin.

5 hari sekolah...Alhamdulillah dia puasa full. Sampe 9 hari puasa gw masih ngga percaya ini anak kecil bisa puasa full 1 hari tanpa drama.


Gw kan terus story-in Agad setiap saur dan buka puasa jadi sudah mulai datang pertanyaan "kok bisq puasa full?" , "gimana cara ngajarin Agad puasa"

Jujur...aslikk..gw ngga tau mau jawab apa karena memang gw dari awal ngga nyangka Agad bakal mulai puasa tahun ini. Selama ini gw sekedar kasih tau puasa itu apa, kasih contoh kalau pas gw puasa.

Jadi gw simpulkan kalau sekolah dan guru Agamanya berperan dalam perjalanan belajar puasa ini, jadi waktu sesi two way conference gw mengatur untuk bertemu guru agamanya yaitu pak Sadam

Foto jaman masih term 1
Waktu bertemu gw langsung bilang makasih karena udah ngajarin Agad puasa trus gw tanya "gimana pak cara ngajarinnya, ini banyak yang nanya"

Pak sadam ketawa-tawa trus beliau bilang saya ngajar biasa aja bu lewat video tentang puasa, cerita makna puasa dan kebetulan term 4 belajar surat Al-kausar yang mensyukuri nikmat dari Allah dan berpuasa salah satu cara kita bersyukur.Selain itu di tunjukkan gambar orang tidak mampu yang ngga punya makanan dan Agad simpulkan kalau berpuasa itu biar tau rasanya orang susah yang lapar tapi tidak punya makanan.

Kata gurunya berarti niatan Agad puasa memang kuat jadi dia bisa bertahan sampai magrib karena gurunya pun di awal menyarankan hanya sampai jam 12 atau jam 10 pun juga tidak apa-apa. Trus di doakan semoga Agad istiqomah terus puasanya. Amin...

Alhamdulillah ..gw happy dan gurunya juga happy karena kepala sekolah cerita mengenai Agad puasa ini di masukkan dalam laporannya.

Puasa Agad lancar-lancar aja??

Ooh tentu tidak karena ada masa dia susah melek buat saur, ada kalanya dia bilang haus ma atau nanyain udah jam berapa ma...masih berapa lama lagi ma... Tapi kata nyokap gw itu masih standart kok jadi kita masih jawab dan sabar-sabarin aja.
Selain itu dia pernah panas (tapi ga demam), gw kasih obat dan ga dibangunin saur...tau apa yang terjadi...panasnya turun dan dia marah-marah ga dibangunin saur (ya allah nak..)


Terus kalau cerita di sekolah kata guru kelasnya dia ngga mau main di playground dia kontrol diri dia buat ga capek-capek.Jadi dia mau main-main di kelas aja yang dingin...hahhaha...

Ini perlengkapan perang Agad, iya selama puasa gw bebaskan dia ber ipad ria..sesuka hati dia.Menu saur Agad itu kalau ga cereal ya roti, makan nasi paling cuman 3-4x. Trus minum susu dan vitamin.


Kalau buka puasa menunya ea sirup/es jeruk beserta cakwe atau risol.

Singkat cerita ya...Alhamdulillah sampailah di penghujung bulan puasa.Agad puasa full 28 hari dan 1 harinya setengah hari karena sakit.


Kalau gw boleh menyimpulkan kenapa Agad bisa puasa full di tahun pertama nya ini selain karena Agadnya niat, memang pola makan Agad itu lapernya siang ke malam, makin malam makin laper anak ini. Dan GeeR nya ya...ini hadiah dari Allah kali ya karena waktu hamil Agad gw puasa full juga...hehehehhe

Oh iya suka ada yang bilang "jangan dipaksa puasa may" aslikkk ga gw paksa...kalau cuman  ngeluh-ngeluh kecil memang gw abaikan dan kata nyokap gw wajar.Kata nyokap gw kalau dia sampe nangis-nangis minta buka baru baru kita kasih, tapi Alhamdulillah drama itu ga ada.


Ini rangkuman saur dan buka puasa Agad kemaren, buat gw dan Agad liat-liat.

Mudah-mudahan bermanfaat ya cerita ini, terima kasih support dari mamak-mamak buat Agad, inshallah tahun depan dan seterusnya bisa full juga..Amin....

Terakhir Agad kalau di tanya "kok bisa sih puasa full?"  Dia jawab " iya karena belajar di sekolah dan mama" Ya Allah nak..nyenengin amat jawabnnya...hahhaha

Comments

Popular Posts