Reception Junior Journey (TK-A) - Cikal Serpong




Sebelum besok memulai perjalanan baru di kelas Reception Senior, jadi mari coba sedikit flashback perjalanan Agad setahun kemaren di Reception Junior di Cikal Serpong.

Di Cikal dalam setahun dibagi dalam 4 term, dimana setiap term memiliki tema berbeda.Tema besar itu disebut Learning Unit yang menjadi goals besar dari setiap termnya.

Waktu di Pre-Kindie memang sudah ada beberapa subjek pelajaran tapi di Reception Junior (RJ) ini subjeknya lebih beragam dan gurunya pun berbeda, udah kayak anak SD ya.

Adapun subjek yang ada di level RJ itu selain unit, ada matematika,Bahasa Indonesia,Language&Literature, Agama, Musik,P.E, Visual Art, Dance, Drama. Banyak juga ya.



Karena sudah di level Reception maka sudah punya house, Agad house nya dragon. Biasanya anak-anak bergabung dengan housenya (isi house ini dari reception s.d middle school) pada acara-acara besar seperti 17 Agustus.

Term 1 : Me As Indivudual

Di awal tahun ajar mengangkat tema Me as Individual dimana pemahaman yang di harapkan anak-anak memiliki kesadaran akan peran dan tanggung jawab sehingga mereka bisa mandiri.

Dalam keseharian mereka di sekolah mereka harus bisa berganti baju olahraga (P.E) ke seragam batik sendiri dan merapikannya sendiri juga.

Sehubungan dengan tema term ini yang mengarahkan mereka untuk mandiri, maka assembly pertama mengenai aktifitas yang bisa mereka lakukan sendiri.





Untuk subjek matematika belajar mengenal bentuk dan hitungan 1 s.d 4 , subjek Language&Literature (LL) Begin to discriminate between letters/characters and number, subjek Bahasa Indonesia mengenal lambang-lambang sederhana, sementara subjek agama menghafal dan memahami surat An Naas, gerakkan wudhu dan cerita nabi nuh.

Untuk subjek lainnya bersifat lebih umum seperti P.E dan music.



Masih berhubungan dengan tema mandiri, mereka ada kegiatan piknik mandiri dimana mereka membuat roti sendiri untuk piknik.

Lalu untuk home projectnya membuat poster kegiatan di rumah yang bisa di lakukan sendiri.



Term 1 di tutup dengan 3 way conference.






Term 2: Me and Community

Setelah jeda libur seminggu, masuk ke term 2. Term ini mengangkat tema Me and Community.
Jadi anak-anak di ajak mengenal dan memahami peran serta tanggung jawab mereka dari beberapa komunitas yaitu komunitas rumah, kelas dan sekolah.
 Jadi di tugas akhirnya mereka bermain peran dalam komunitas tersebut, Agad waktu itu ada di komunitas sekolah dan berperan jadi G.E. Cara belajarnya gimana? Agad di ajak ke ruangan G.E, bertemu dengan om-om G.E untuk mencari tahu tugas mereka.


Home project term 2 ini membuat poster yang berisikan foto orang yang ada di rumah dan menyebutkan tugasnya.

Di term 2 ini juga ada sesi renang setiap hari senin dua minggu sekali dan orang tua dilibatkan untuk membantu memandikan anak-anak.Setiap sesi nya hanya 4 orang tua yang di izinkan untuk membantu.










Untuk subjek matematika term ini mempelajari angka kardinal dalam kehidupan nyata,mengenal pola.Subjek LL menggunakan bahasa inggris untuk menyampaikan perasaan serta keinginan mereka.Subjek bahasa Indonesia mereka diminta untuk dapat melanjutkan cerita bergambar. Untuk subjek Agama mereka menghafal dan memahami surat al Fatihah, ceritaa nabi Adam dan rukun Islam.




Untuk term 2 ini ada pelajaran seni tari dan mereka mendapatkan tugas untuk menonton pertunjukkan tari di Taman Mini Indonesia Indah.





Untuk term 2 ini tidak ada conference dengan guru kelas, hanya dibagikan portfolio tapi ada 3 ways conference dengan guru club.



Term 3: The Artist in Me

Sampai di term 3 atau semester ke 2 di tahun ajaran 2017-2018, term ini mengangkat tema The Artist in Me dimana mereka diajarkan cara berkomunikasi melalui seni baik seni musik atau pertunjukkan lainnya.

Project term ini cukup seru jadi anak di minta untuk menonton pertunjukkan lalu menceritakan apa saja yang mereka lihat dari pertunjukkan tersebut.

Waktu itu Agad dan temen-temennya memilih untuk menonton live musik di sebuah mall dan....serombongan mama papa ikut mengantar anak-anak kecil ini nonton live musik.



Untuk term 3 ini matematika mempelajari tentang penambahan dan pengurangan, LL mencocokkan gambar dengan konteks,Untuk bahasa Indonesia menghubungkan gambar dan tulisan,mencari huruf yang hilang. Sedangkan Agama mempelajari surat Al-Ikhlas, gerakkan solat dan bacaan ruku.




Tapi....di term 3 ini Agad ga masuk hampir 3 minggu karena kena cacar air dan di lanjutkan dengan sakit mata.hiksss...kasian ya..Banyak ketinggal pelajaran dan keliatan semangat belajarnya Agad jadi turun.

Di  term 3 ini ada 2 assembly yaitu assembly bahasa dan agama.









Term 3 di tutup dengan Student lead conference dimana Agad mempresentasikan apa saja yang sudah dia pelajari dari term 1 s.d term 3.








Term 4 :Citizen of Earth

Sampailah di term paling terakhir, setelah libur seminggu mereka masuk sekolah dan mempelajari tentang Citizen of Earth. Mereka mempelajari bagaimana tumbuhan berperan dalam keberlangsungan bumi dan kehidupan manusia.

Mereka belajar menanam pohon toge dari kacang hijau dan membuat jurnal hariannya, membuat poster di rumah membahas pohon yang memiliki fungsi di semua bagiannya. Yang tergemas adalah mereka di sekolah berkelompok membuat poster tentang tanaman kemudian mempresentasikannya.

Untuk itu mereka melakukaj field trip yang berhubungan dengan tema tersebut.







Term 4 ini waktunya cepet banget selain itu mereka juga disibukkan latihan untuk playground of Minang.

Dari semua subjek di term 4 yang menarik perhatian gw saat conference dengan gurunya adalah subjek Language & Literatur karena Agad di minta menggambar dan membuat cerita lalu mempresentasikan di depan kelas dalam bahasa inggria...good job Agad.

Di akhir tahun ajaran 2017-2018 ini bertemu dengan guru kelas membahas perkembangan Agad dan kesiapan dia untuk di level selanjutnya Reception Senior (RS) - TK B membuat gw semakin yakin bahwa keputusan yang gw ambil 2 tahun lalu untuk menunda Agad masuk TK itu inshallah tepat.

Sepertinya Agad mendapatkan proses belajar yang menyenangkan setahun kemarin, semoga proses di level selanjutnya semakin menyenangkan dan bisa membuat Agad lebih berkembang.Amin...


Are you ready for Reception Senior journey??

Comments

Popular Posts